Sunday, February 5, 2017

Macam-Macam Istilah Dalam Jual Beli Online

Macam-Macam Istilah Dalam Jual Beli Online - Di Era dunia internet yang sudah sangat berperan ini menjadikan semuanya jadi lebih mudah untuk dijelajahi semua orang hanya dengan koneksi internet saja. kamu bisa berbagi kabar, bercerita, mengobrol dengan teman bahkan jual beli sekarang sudah bisa dilakukan diinternet.

Munculah macam macam istilah yang mungkin orang awam tidak tahu. istilah yang sering dikatan oleh penjual atau pembeli sangat banyak sekali digunakan, kebanyakan adalah singkatan-singkatan yang mudah untuk dipahami oleh penjual maupun pembeli.

Macam Macam Istilah Dalam Jual Beli Online
Mulustrasi Orang Berbelanja Online

Berikut ini macam-macam istilah dalam jual beli online :

Reject

Istilah Reject ini digunakan untuk memberitahu kalau barang yang dijualnya itu memiliki kecacatan atau tidal lolos uji, walaupun isinya sama persis bukan palsu. contohnya celana baru yang mempunyai jaitan yang tidak rapih dibagian pinggang dan masih banyak lainnya

Restock (Ready Stock)

Istilah Restock ini diartikan barang ada, atau barang yang dijual sudah ada ditempat penjual. jadi kalau barang dipesan bisa langsung kamu ambil ditempat penjual tersebut pada hari itu juga.

Testimoni

Istilah Testimoni yaitu tempat yang berisi kata-kata atau pesan dari pembeli ditoko tersebut. dari testimoni tersebut kita bisa tahu apakah toko online tersebut benar-benar rekomendasi atau tidak. jika testimoninya bagus maka kamu tidak perlu takut tertipu, beda lagi kalau testimoninya kurang meyakinkan kamu sebaiknya waspada.

COD (Cash On Delivery)

Istilah Cash On Delivery ini diartikan, dimana penjual dengan pembeli langsung bertemu tatap muka untuk melakukan transaksi. jadi ini kondisi dimana sipembeli atau penjual melakukan pertemuan disuatu tempat yang sudah disetujui kedua belah pihak, dan ditempat itu mereka bertransaksi.

WTS (Want To Sell)

Istilah Want To Sell jika diartikan dalam bahasa jual beli yaitu dimana penjual ingin menjual barangnnya. contohnya jika kamu membuka grup facebook yang biasanya dibagian pertama ada kata-kata WTS dan ada spesifikasi barang yang dijual beserta fotonya, berati dia sedang ingin menjual barangnnya.

WTB (Want To Buy)

Want To Buy biasanya istilah ini sering digunakan untuk mereka yang ingin mencari barang yang mau dibeli jadi kalimat ini sering dipakai para pembeli. contohnya WTB kucing lucu warna putih murah. dan masih banyak lagi contohnya

PM (Private Messagge) 

Private Mesagge atau pesan pribadi adalah dimana kita akan berbicara secara personal antara pembeli dan penjual. contohnya ada pembeli yang mau nego, biasanya disuruh PM saja biar mesra negonya dan PM tidak saja ditemuin pada jual beli online, sering kali kita melihatnya di instagram atau facebook.

PO (Pre Order)

Istilah kata-kata PO atau pre order yaitu artinya dimana pembeli harus menunggu barang yang ingin dibelinya dengan cara pembeli harus membayar terlebih dahulu barang yang dibelinya. biasanya PO atau pre order ini sering dilakukan pada pedagang ponsel atau motor dan mobil

KW (Kwalitas)

Istilah KW sering ditemui pada penjual dengan harga ngga wajar alias murah banget, dan kw diartikan barang tiruan atau yang sering disebut Grade 1, kualitas asli dan masih banyak lainnya.

TT (Tukar Tambah)

Tukartambah atau TT yaitu pembeli atau penjual yang ingin bertransaksi dengan cara tukar tambah, dimana penjual atau pembeli saling bertukar barang dengan salah satu menambah uang atau barang terhadap barang yang lebih bagus, contohnya pembeli mengasih 2 barang miliknya ke sipenjual, dan penjual mengasih barang miliknya hanya 1 saja.

Rekber (Rekening Bersama)

Istilah Rekber adalah salah satu metode yang baik dalam jual beli online. yaitu dengan cara memakai pihak ke 3 untuk bertransaksi, jadi sipenjual atau pembeli tidak perlu takut ketipu. jadi caranya sipembeli akan mengasih uangnnya ke penyedia rekber lalu sipenjual mengirim barangnnya, jika barang sudah sampai uangnnya akan dikasih ke penjual, sebaliknya jika barang tidak sampai-sampai maka uang akan dikembalikan ke sipembeli.

DP (Down Payment)

DP atau down paymen adalah dimana sipenjual menaruh uang yang telah ditentukan penjual dari harga barang yang ingin dibelinya, contohnya sipembeli ingin barang harga 2 jt dan penjual mengatakan harus dp 500 rb dulu, dan jika ada perjanjian setelah dp selama seminggu tidak dibayar lunas dianggap dp hangus. jadi dp ini dianggap keseriusan pembeli dalam memboking barang yang ingin dibelinya.

CP (Contact Person)

Istilah CP sering digunakan oleh penjual agar bisa langsung menghubunginnya agar cepat dibales mungkin yang ditinggalkan seperti kontak nomor, bbm, line, facebook atau email.

REP (Replika)

REP ini biasa muncul pada keterangan barang yang dijual replika atau tiruan, jadi bisa diartikan Replika itu barang tiruan, sering ditemui kalimat REP ini dipenjual barang-barang keren atau bermerek seperti hp yang lagi ngtrend.

BU (Butuh Uang)

Istilah BU atau butuh uang ini diartikan sipenjual lagi butuh uang cepat, contohnya Jual Sepatu murah BU untuk beli obat, dan lain semacamnya.

BT (Barter)

Istilah BT atau barter ini diartikan, dimana penjual dan pembeli hanya bertukar barang dan tidak ada uang didalamnya jadi seperti tukaran saja, contohnya barter baju ku dengan celana mu ( contoh doang hehe ).

Up (Sundul)

Up ini sering digunakan untuk mengangkat atau biar diposisi paling atas karna dagangan yang dijual sudah tenggelan oleh dagangan orang lain.

PL (Price Police)

Artinya PL untuk para penjual maupun pembeli yang sedang membandingkan harga dengan tempat lain. contohnya disini harganya 100rb diasana 120 rb  kok bisa murah disini gan ? nipu ngga ni ?, dan lain sebagainya

PHP (Pemberi Harapan Palsu)

PHP ini sering ditemui di orang yang sedang di phpin orang lain seperti entar sore harusnya jalan malah ngga jadi jalan, eh salah maksudnya "orang yang sudah janjian dengan sipembeli ketika ingin bertemu tapi sipembelinya malah membatalkannya" rasanya kesel
gan asli ini haha.

Seller

Artinya itu Penjual, dan yang disebut seler itu penjual yang ada ditoko itu.

Buyer 

Artinya Pembeli atau  yang biasa disebut konsumen

Customer 

Artinya hampir sama kaya buyer tapi bedanya, kalau Customer itu pembeli yang lebih sering melakukan transaksi ditoko tersebut

Supplier

Artinya orang yang memasok barang ketoko tersebut dan harga dari pemasok lebih murah ketimbang harga ditoko

Reseller

Artinya orang yang menjual kembali tanpa membeli barang tersebut, jadi ini orang bisa disebut perantara antara toko dan penjual atau dalam bahasa alusnya calo, harga yang ditawarkannya pun lebih mahal ketimbang harga toko.

Dropship

Artinya penjual yang menamai dirinya dengan merek sendiri yang mengaku seller padahal dia sudah tangan ke dua.

TF

Artinya Transfer

Return

Artinya penukaran barang dengan barang lainnya tapi jenisnya sama

Refund

Artinya pembeli ingin dikembalikan uangnnya

8 comments:

  1. wah baru kali ini saya tahu istilah itu haha

    ReplyDelete
  2. Mantep lengkap semua dari A-Z. Nih ane kasih cendol

    ReplyDelete
  3. wah ane juga suka beli online yang sering tuh COD gan :D

    ReplyDelete
  4. Banyak istilah yang baru saya tau sekarang gan
    Nice info n artikel :)

    ReplyDelete
  5. lengkap sekali gan istilah-istilah nya, terimakasih atas artikel yang bermanfaat nya gan.
    nice pokona mah :)

    ReplyDelete
  6. Wah mantap nih sangat membantu sekali thanks gan infonya

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search