Monday, October 30, 2017

31 Tempat Wisata Yang Lagi Hits di Tulungagung

Dengan pilihan 31 Tempat Wisata Menarik Di Tulungagung, maka Tulungagung bisa menjadi salah satu referensi tempat wisata anda jika ingin berlibur. Atau jika anda sedang bingung mencari destinasi liburan yang tepat untuk dikunjungi, maka memilih kabupaten yang terletak di 154 km barat daya Surabaya ini merupakan pilihan yang tidak akan membuat anda kecewa dan berikut ini merupakan beberapa destinasi wisata di kabupaten Tulungagung yang bisa anda coba untuk kunjungi.

1. Alas Kadung

Air Terjun Alas Kandung
Air Terjun Alas Kandung
Air Terjun Alas Kandung  terletak di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Obyek wisata ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Tulungagung, karena bisa kamu tempuh dengan estimasi waktu sekiranya 1 jam perjalanan. Tapi, untuk sampai ke lokasi ini memang aksesnya cukup sulit karena banyaknya jalannya yang berkelok-kelok. Apalagi kalau kamu belum mengenal bagaimana situasi Kota Tulungagung. Nah, maka dari itu, kamu harus mengandalkan GPS manual, Sob. Alias bertanya pada warga setempat.

Yap, Air Terjun Alas Kandung ini memiliki 3 tingkatan ketinggian yang bervariasi. Paling tinggi di puncak air terjun memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Airnya yang terlihat kebiru-biruan akan menggodamu untuk berenang di lokasi ini. Namun, perlu diketahui, kedalaman Air Terjun Alas Kandung ini lumayan dalam, yakni sekitar 4 – 8 meter, sehingga bagi yang tidak ahli renang, atau tidak membawa perlengkapan berenang, sebaiknya kamu menahan diri untuk berendam di sini. Ya, walaupun tidak berenang, kamu masih bisa melakukan aktifitas lain, kok. Seperti berfoto-foto, misalnya. Gimana? Kapan mau berkunjung ke sini?

2. Gunung Budeg 

Gunung Budheg
Gunung Budheg
Gunung Budheg atau biasa dikenal dengan nama Gunung Cikrak ini adalah salah satu gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 585 mdpl. Letaknya berada di Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Gunung Budeg ini bisa menjadi lokasi atau tempat untuk latihan bagi para pendaki pemula untuk melakukan pemanasan. Jalur yang harus kamu lalui untuk sampai ke puncak berupa jalanan yang menanjak melewati semak berduri dan diselingi dengan merayap di pinggiran tebing yang cukup curam. Namun, perjalanan yang cukup melelahkan itu akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang bisa kamu dapatkan dari puncak Gunung Budeg ini.

Ohya, kami sarankan agar kalian bangun lebih pagi untuk bisa menikmati sunrise di puncak bukit ini. Tapi, jika kamu ingin menginap, kamu pun bisa membawa peralatan camping sendiri dan kamu juga bisa menikmati pemandangan kerlap kerlip lampu pada malam hari. Keren banget, kan, Sob? Pastinya, dong.

3. Pantai Popoh

Pantai Popoh
Pantai Popoh
Pantai Popoh terletak di Kecamatan Besuki, tepatnya di Pesisir Samudra Hindia, atau sekitar 30 km di sebelah selatan Kota Tulungagung. Letaknya yang berada di kawasan teluk, membuat ombak di tepi pantai ini cukup bersahabat. Pemandangan alamnya pun sangat eksotis. Kamu bisa melihat tebing-tebing karang yang terjal dan menikmati semilir angin pantai yang sembribit. Tak hanya itu, Sob. Dari ketinggian tebing ini, kamu juga bisa mengamati perahu-perahu nelayan yang hilir-mudik membentuk pemandangan yang indah.

Ya, selain bisa bersantai atau bermain air, kamu pun bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di sekitar kawasan teluk. Biaya yang dibutuhkan sekitar 100 – 200 ribu/ perahu. Besar kecilnya harga sewa ditentukan dari caramu menawar. Jadi, belajarlah menawar sedini mungkin sebelum sampai ke pantai ini, ya.

Oke, untuk biaya masuknya pun terbilang murah. Kamu cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5000,00/ orang. Untuk biaya parkirnya sebesar Rp. 2000,00/ roda dua dan Rp. 5000,00 – Rp. 10.000,00/ roda  empat atau lebih.

4. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang
Inilah pantai yang sedang marak dibicarakan oleh para netizen. Ya, Pantai Kedung Tumpang namanya. Kecantikan pantai ini bukan terletak pada pasir putihnya yang menawan. Malahan, di pantai ini kamu tidak akan menjumpai pasir sama sekali. Pantai Kedung Tumpang merupakan pantai yang memiliki tebing karang dan beberapa laguna yang berdiameter cukup besar. Air di laguna-laguna tersebut terlihat biru dan jernih, sehingga siapapun yang datang ke pantai ini pasti tak tahan untuk segera berenang di dalamnya.

Ya, pantai yang terletak di Desa Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, ini memang sangat indah, namun apabila melihat kondisi di sekitar kedung (laguna), kamu pasti melihat bahwa kondisi untuk turun ke laguna tersebut sangat curam dan berbahaya. Jadi, kamu perlu berhati-hati lagi, Sob. Untuk biaya masuknya, kamu cukup membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000,00/ motor dan Rp. 5000,00/ mobil.

5. Bukit Pantai Teluk Brumbun

Bukit Pantai Teluk Brumbun
Bukit Pantai Teluk Brumbun
Pantai Brumbun merupakan sebuah pantai berpasir hitam yang terletak di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung. Sepintas, pantai ini memang biasa saja dan tidak terlalu istimewa. Namun, bukan berarti pantai ini tak menarik untuk dikunjungi. Area yang ada di Pantai Brumbun ini cukup luas dan merupakan tempat yang asyik untuk bermain. Ombak di pantai ini pun cukup kalem, sehingga kamu bisa bermain di sana dengan lebih leluasa.

Dari pusat Kota Tulungagung, pantai ini berjarak sekitar 23 km dan harus melewati medan yang cukup sulit. Untuk masuk ke lokasi ini, kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp. 2000,00 untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 5000,00 untuk kendaraan roda empat atau lebih.

6. Pantai Sanggar

Pantai Sanggar
Pantai Sanggar
Pantai Sanggar terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Belum banyak wisatawan yang mengetahui pantai ini—kalaupun tahu, biasanya mereka malas untuk ke sini karena lokasinya cukup sulit untuk diakses. Nah, kalau kamu mau memanfaatkan kesempatan emas ini, kamu bisa merasakan suasana yang benar-benar sepi dan menenangkan. Lokasi pantai ini sangat cocok buat kamu yang gemar menjelajah.

Ya, pertama kali sampai di pantai ini, kamu akan disuguhi hamparan pasir putih yang bisa membuatmu nyaman berlama-lama di sini. Selain itu, ombak di Pantai Sanggar ini cukup tenang, sehingga kamu pun bisa bersantai dan berbasah-basahan di sini. Untuk biaya masuknya, kamu hanya diwajibkan membayar seharga Rp. 5000,00 dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2000,00.

7. Pantai Kali Pucung

Pantai Kali Pucung
Pantai Kali Pucung
Pantai Kali Pucung Terletak di Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Keadaan pantai ini pun masih cukup sepi dan belum begitu banyak didatangi pengunjung. Nah, untuk menuju ke sini, kamu hanya perlu menitipkan kendaraanmu di Pantai Sanggar. Kemudian kamu diharuskan berjalan kaki menuju Pantai Pathok Gebang.

Jalur menuju Pantai Pathok Gebang ini lumayan berat, Sob. Karena kamu diharuskan melewati jalan setapak berupa tebing-tebing yang cukup terjal. Setelah sampai di Pantai Pathok Gebang, kamu masih harus melanjutkan perjalanan menuju Ujung Pakis dan barulah sampai di Kali Pucung. Perjalanan treking yang harus kamu lalui tersebut sekitar 1,5 jam dari parkiran Pantai Sanggar. Untuk tiket masuknya pun cukup bersahabat. Kamu cukup membayar seikhlasnya dan diwajibkan menjaga kelestarian lingkungan pantai ini. Oke, Sob?

8. Sungai Niyama

Sungai Niyama
Sungai Niyama
Sebenarnya, sungai yang akan kita kunjungi kali ini bukanlah sebuah tempat wisata, Ya, Sungai Niyama ini merupakan sungai biasa yang terletak di Kota Tulungagung, tepatnya berada di Dusun Sidem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Niyama sendiri berasal dari bahasa jepang yang mana Ni berarti dua, dan Yama berarti gunung. Kalau digabung berarti dua gunung. Masalah kembar atau enggaknya, silakan kamu lihat sendiri, deh, Hehehe. Oke lanjut lagi. Di lokasi ini juga terdapat sebuah terowongan yang cukup melegenda bagi warga sekitar, karena memang terowongan ini sudah dibangun sejak jaman penjajahan Jepang.

Nah, kalau kamu pengin ngetrip ke lokasi ini, rute adalah sebagai berikut. Yap, dari pusat Kota Tulungagung, ikuti saja petunjuk menuju ke Pantai Popoh. Setelah memasuki kawasan Pantai Popoh, lanjutkanlah perjalananmu menuju Pantai Sidem. Setelah melewati pintu masuk Pantai Sidem, ada jalan menurun, dan beloklah ke kanan. Terus saja sampai menemukan rumah yang ada gubuknya. Kendaraanmu bisa di parkir di tempat tersebut dan kamu masih harus melanjutkan perjalananan dengan melewati jalur setapak yang tidak terlalu jauh. Nah, kalau kamu bingung, jangan malu untuk bertanya kepada warga sekitar, ya.

9. Pantai Coro

Pantai Coro
Pantai Coro
Tempat wisata pantai di Tulungagung selanjutnya ada Pantai Coro. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan tepatnya ada di Kecamatan Besuki. Keunggulan dari pantai ini terutama adalah dari letaknya yang tidak jauh dari pusat kota dan kabupaten. Perjalanan menuju pantai ini dapat dituju dari Pantai Popoh kemudian ke arah Reco Sewu. Selanjutnya kita harus parkir kendaran di Reco Sewu dan perjalanan dilanjutkan dengan cara berjalan kaki sejauh beberapa kilometer.

10. Pantai Sine

Pantai Sine
Pantai Sine
Tempat wisata di Tulungagung dan trenggalek berikutnya yang sayang apabila dilewatkan adalah Pantai Sine. Jaraknya sekitar tiga puluh lima kilometer di sebelah selatan dari Kota Tulungagung. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih kecokelatan dan ombaknya cukup besar. Objek wisata yang satu ini tepatnya berlokasi di Desa Kalibatur. Pantai ini dikenal pula dengan nama Pantai Matahari Terbit dan kita bisa menyaksikan aktivitas nelayan di sini.

11. Pantai Molang

Pantai Molang
Pantai Molang
Pantai lainnya yang dapat kita kunjungi adalah Pantai Molang. Wisata di Tulungagung yang satu ini terletak di Kecamatan Pucanglaban. Lokasinya sendiri cukup strategis karena ada di perbatasan antara Tulungagung dengan Blitar. Akses jalan ke pantai juga terbilang mudah. Begitu sampai di Pucanglaban, kita akan menemukan banyak papan petunjuk yang mengarah ke pantai.

12. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung
Pantai Lumbung
Tempat wisata Tulungagung baru berupa pantai berikutnya adalah Pantai Lumbung. Letaknya berdekatan dengan Pantai Molang, yaitu di Kecamatan Pucanglabang. Kita bisa mengunjunginya dengan mengikuti jalur menuju Pantai Molang. Begitu sampai di kawasan tambak, kita bisa bertanya pada penduduk sekitar mengenai arah menuju Pantai Lumbung.

13. Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang
Pantai Pathok Gebang
Masih ada lagi pantai lainnya yang dapat kita kunjungi yaitu Pantai Pathok Gebang. Pantai ini terutama sangat terkenal di kalangan petualang karena medan menuju pantai terbilang sulit. Wisatawan harus menaiki bukit serta menyusuri hutan selama tiga puluh hingga empat puluh menit dengan berjalan kaki. Ciri khas dari Pantai Pathok Gebang ini adalah karang atau tebing yang berukuran cukup besar dan deburan air yang lumayan tinggi saat diterjang ombak.

14. Pantai Klatak

Pantai Klatak
Pantai Klatak
Wisata pantai Tulungagung berikutnya adalah Pantai Klatak. Pantai ini terutama cocok untuk wisatawan yang menyukai pantai dengan pasir gelap. Objek wisata satu ini berada di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki. Jika wisatawan datang dari Kota Tulungagung dengan menggunakan kendaraan bermotor, diperlukan waktu tempuh sekitar satu setengah jam. Kegiatan faorit yang biasa dilakukan wisatawan di sini adalah berenang, bersantai hingga memancing ikan.

15. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur
Pantai Ngalur
Obyek wisata Tulungagung Trenggalek lainnya yang dapat melepas penat kita adalah Pantai Ngalur. Pantai ini letaknya berdekatan dengan Pantai Sanggar sehingga suasananya tidak jauh berbeda. Letaknya sama-sama ada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung. Pasirnya berwarna putih dan air lautnya sendiri masih sangat jernih. Pantai Ngalur serta Pantai Sanggar merupakan lokasi camping yang cocok karena suasananya yang masih alami.

16. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun
Pantai Brumbun
Pantai ini memiliki pasir berwarna abu-abu dan letaknya ada di desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung. Area Pantai Brumbun cukup luas sehingga cocok digunakan untuk bermain olahraga di pantai. Ombak pantai juga terbilang kalem sehingga pengunjung bisa bermain air dengan leluasa. Untuk mencapai pantai ini dari pusat kota Tulungagung harus melalui medan yang cukup berat dengan jarak sekitar dua puluh dua kilometer.

17. Goa Gembyang

Goa Gembyang
Goa Gembyang
Bosan dengan pantai? Wisata Tulungagung dekat stasiun lainnya terdapat di Goa Gembyang. Letaknya ada di Desa Kuripansari, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Goa Gembyang ini konon dipercaya sebagai tempat dari pertapaan Raden Wijaya sebelum dinobatkan menjadi Raja Majapahit. Goa ini juga merupakan sebuah goa alam yang ditemukan di sisi sebelah timur dari sebuah bukit. Lingkungan di sekitar goa terlihat asri serta teduh. Mulut goa dan bagian dalamnya sendiri cukup luas dan lebar. Ketika memasuki goa, akan ada kesan mistis yang kuat dirasakan.

18. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng
Goa Selomangleng
Wisata Tulungagung Jawa Timur juga termasuk Goa Selomangleng. Goa ini berada di dua tempat, yaitu Kediri serta Tulungagung. Konon, goa ini telah berdiri sejak zaman Airlangga. Goa ini terletak di Desa Sanggrahan dan letaknya sendiri cukup terpencil. Di goa ini terdapat dua ceruk, di mana masing-masing menghadap ke arah barat serta selatan.

19. Goa Pasir

Goa Pasir
Goa Pasir
Goa lainnya yang ada di Tulungagung adalah Goa Pasir. Objek wisata yang ada di Tulungagung ini berada di Desa Junjung. Goa Pasir terbentuk dari adanya ceruk besar yang terpahat di lereng batu besar di tengah hutan. Pengunjung yang ingin menemukan gua ini harus mendaki sembilan puluh meter di atas permukaan dari bukit karst. Gua ini sudah cukup populer dan biasa dikunjungi oleh para kaum muda. Di sekitar lokasi gua terdapat makam kuno yang disebut oleh warga sekitar sebagai makam dari Mbah Bodho.

20. Gua Tan Tek Sue

Gua Tan Tek Sue
Gua lainnya yang bisa kita datangi dan termasuk dalam peta wisata Tulungagung adalah Gua Tan Tek Sue. Gua ini sering dikunjung oleh umat Konghucu terutama pada perayaan hari besar dari agama Konghucu. Di sekitar gua ini juga terdapat banyak buah durian yang terkenal dengan nama khusus yaitu Durian Bajul.

21. Air Terjun Pandanwangi

 Air Terjun Pandanwangi
 Air Terjun Pandanwangi
Wisata lainnya di Tulungagung adalah air terjun, yaitu Air Terjun Pandanwangi. Air terjun ini termasuk ke dalam salah satu air terjun yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan terutama pecinta alam. Ketinggian air terjun adalah sekitar tiga puluh meter dan masih berada dalam wilayah yang sama dengan Perkebunan Teh Sumber Pandan yang ada di Desa Ngelurup, Kecamatan Sendang. Air terjun Pandanwangi terutama cocok dikunjungi karena pemandangannya yang indah serta cuacanya juga sejuk.

22. Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean
Air terjun lainnya yang tak kalah indah adalah Air Terjun Lawean. Air terjun ini juga cukup populer di Tulungagung. Ketinggiannya tidak lebih dari seratus meter dan keindahannya terbilang luar biasa. Perjalanan menuju air terjun ini juga terbilang cukup sulit, namun kesulitannya akan terbayar saat telah berada di lokasi air terjun. Lokasinya sendiri ada di Lawean, sekitar dua puluh lima kilometer di sisi barat daya dari kota Tulungagung.

23. Candi Dadi

Candi Dadi
Candi Dadi
Objek wisata lainnya yang bisa kita kunjungi di Tulungagung adalah wisata Candi. Di antaranya ialah Cand Dadi. Di sini kita bisa menemukan sisa-sisa dari bangunan kuno sehingga cocok bagi kita yang menggemari sejarah.

24. Candi Penampihan

Candi Penampihan
Candi Penampihan
Selain wisata Kedung Tumpang Tulungagung, kita juga dapat mengunjungi Candi Penampihan. Jaraknya sekitar delapan kilometer dari Kecamatan Sendang. Candi ini termasuk dalam wilayah Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang. Situs ini sendiri merupakan sebuah candi yang berundak dan terasnya membujur dari barat ke timur.

25. Candi Boyolangu

Candi Boyolangu
Candi Boyolangu
Berikutnya ada Candi Boyolangu. Candi ini berlokasi di tengah pemukiman dari penduduk, tepatnya di Dusun Dadapan, Desa Boyolangu. Bangunan induknya terdiri dari dua teras yang berundak dan hanya tersisa bagian kakinya saja.

26. Tebing Banyu Mulok

 Tebing Banyu Mulok
 Tebing Banyu Mulok
Wisata lainnya adalah Tebing Banyu Mulok. Letaknya ada di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Akses menuju tempat ini terbilang mudah dan cepat. Pemandangannya indah dan suasananya juga terbilang masih asri.

27. Bukit Cemenung

Bukit Cemenung
Bukit Cemenung
Ada lagi Bukit Cemenung yang letaknya di Kecamatan Rejotangan. Menurut beberapa sumber, konon bukit ini menyimpan bijih besi dan juga emas. Bekas-bekas bangunan yang ada di sini juga sudah ada sejak zaman Belanda.

28. Jurug Tretes

Jurug Tretes
Jurug Tretes
Keindahan Jurug Tretes ini adalah adanya kolam air yang berwarna hijau tosca. Namun menurut informasi, kolam ini biasa digunakan warga untuk mencuci hewan ternak mereka, sehingga tidak disarankan bagi trip-er untuk berenang langsung di kola mini.

29. Jurug Wangi

Jurug Wangi
Jurug Wangi
Yang sering banget ke Kedung Tumpang pasti paling enggak juga udah pernah mampir ke bagian barat dari pantai tersebut, yaitu ke air terjun Jurug Wangi yang berada tidak jauh dari Pantai Kedung Tumpang Tulungagung. Sayangnya air terjun yang sangat tinggi ini memiliki kucuran air yang sangat sedikit sekali namun tetap eksotis dengan adanya kedung yang berada di bawah air terjun tersebut. 

30. Pantai Pacar

Pantai Pacar
Pantai Pacar
Pantai  Pacar terletak di Kecamaatan Pucanglaban, cukup jauh guys untuk menuju tempat ini tapi kalau teman-teman berjiwa petualangan paling ya Cuma bilang deket paling kalau udah tau jalan Cuma butuh waktu 2 jaman, kalau belum tau sekitar 3 jamlah pakai motor

31. Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo
Waduk Wonorejo
Waduk Wonorejo, adalah bendungan terbesar di Asia Tenggara, dengan debit 15000 m3 per detik. Bendungan ini terletak di sebelah barat kota Tulungagung, tepatnya du desa Wonorejo, kecamatan Pagerwojo, dan berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik, pengairan, perikanan, olah raga dan tempat rekreasi. Sebagai satu tujuan wisata, Bendungan ini dilengkapi dengan beberapa prasara seperti, taman bermain, area pemancingan, speed boat, penginapan dan sarana untuk hiburan.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search