Wednesday, November 1, 2017

27 Wisata Pantai Yang Lagi Hits di Malang

Malang memang tempat destinasi wisata bagi wisatawan, takhanya menjadi tujuan wisatawan lokal. banyak juga wisatawan luar daerah hingga mancanegara. bisa di bilang malang merupakan kawasan yang pas untuk wisata. karena memang lokasinya yang sangat strategis untuk berwisata. Berada di kawasan dataran tinggi,ini menjadi salah satu kelebihan. Tentunya, suhu udara yang sejuk menjadi salah satu kelebihan, dan masih banyak keistimewaan lain yang dimiliki Malang. Langsung saja, berikut ini adalah daftar 28 tempat wisata pantai di Malang yang wajib kamu kunjungi:

1.Pantai Sipelot

Gambar Pantai Sipelot
source : feryarifian.blogspot.co.id
Pantai Sipelot menawarkan pemandangan yang sangat cantik, tentunya asyik banget sebagai destinasi wisata kamu sob. Hamparan bibir pantai yang cukup luas, dengan pasir berwarna kecoklatan. Berada di sekitar pantai ini nyaman sekali, tidak hanya bisa menyaksikan panorama pantai yang menakjubkan, tetapi juga merasakan segarnya hembusan angin khas pantai. Pantai Sipelot, Pantai Sipelot ini dikelilingi perbukitan dan tebing-tebing yang dipenuhi rerumputan, menjadikan pemandangan semakin mempesona. Berdasarkan informasinya, pantai ini dulu menjadi tempat singgah bagi Belanda, karena memang sangat nyaman sebagai tempat bersantai. Tak jauh dari pantai ini, ada juga air terjun yang menjadi daya tarik, namanya adalah coban Sipelot. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, hanya 10 meter saja, namun tidak bisa diragukan keindahannya. Untuk menuju ke area coban Sipelot, harus menyeberang terlebih dahulu. Dengan biaya Rp.50.000 untuk menyeberangi laut menuju ke coban Sipelot. Pantai Sipelot ini terletak di desa Pujiharjo, kecamatan Tirtoyudo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Memasuki pantai Sipelot masih belum dikenai biaya, karena belum banyak fasilitas yang mumpuni di sana, dan pengunjung yang hadir pun tak banyak.

2.Pantai Lenggoksono

Gambar Pantai Lenggoksono
source : morpiss.blogspot.com
Satu lagi nih pantai yang memiliki keunikan tersendiri, pemandangannya juga sangat indah. Pada umumnya, bibir pantai dipenuhi dengan pasir lembut. Beda dengan pantai Lenggoksono ini, yang mana bibir pantainya berupa pasir berkombinasi dengan batu-batu kerikil. Pantai Lenggoksono, Pantai ini juga sebagai tempat yang pas banget buat mancing ikan, tak sedikit para pengunjung yang hobi mancing di sana. Di pantai ini juga banyak binatang laut yang enak banget bila dimakan, seperti; cumi-cumi, lobster, dan kepiting. Pemandangan bukit hijau yang memanjang menjadi pemandangan yang bagus banget, berpadu dengan birunya air laut beserta gelombang air yang terus bergerak. Pantai Lenggoksono ini lokasinya sesuai dengan namanya, yaitu di dusun Lenggoksono, desa Purwodadi, kecamatan Tirtoyudo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuknya murah banget kok, hanya Rp.5.000 per orangnya. Tidak jauh dari pantai ini, kamu juga bisa menikmati pemandagan alam lainnya yang tak kalah cakep, yaitu dengan mengunjungi coban Banyu Anjlok. Air terjun tersebut mengalir langsung menuju ke laut, dan untuk menuju ke sana perjalanan yang ditempuh sekitar 2 jam bila berjalan kaki. Bila tidak ingin capek, maka bisa menyewa perahu dengan biaya Rp.50.000.

3.Pantai Tamban

Gambar Pantai Tamban
source : malang.merdeka.com
Di daerah Malang bagian selatan ada cukup banyak pantai indah yang dapat anda kunjungi saat liburan. Salah satunya adalah Pantai Tamban, yang lokasinya dalam wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Nama Pantai Tamban berasal dari bahasa Jawa “tombo” yang berarti obat. Menurut legenda, dahulu kala ada tiga orang kyai yang sembuh dari sakitnya setelah minum air dari pantai ini. Pantai ini sangat mudah untuk ditemukan. Jika anda berangkat dari Kota Malang, anda tinggal mengikuti arah ke Pantai Sendang Biru, dan mencari penunjuk jalan ke Pantai Tamban. Perjalanan dari Kota Malang biasanya memakan waktu sekitar 3 jam, karena memang sebenarnya letak pantai ini cukup jauh, dengan jarak sekitar 70 kilometer. Pantai Tamban, Di Pantai Tamban anda bisa menikmati indahnya hamparan pasir pantai yang putih bersih. Pantai sepanjang 1,5 kilometer ini merupakan pantai yang sangat cocok bagi para penggemar olahraga air. Di tempat ini mereka bisa bermain jet ski, berselancar, snorkeling, menyelam, dan parasailing. Sedangkan bagi para pengunjung yang kurang menyukai olahraga air, ada banyak pilihan aktivitas yang juga tidak kalah menyenangkan, seperti bersantai di pinggir pantai sambil menikmati suasananya, atau berkemah di tepi pantai. Bagi yang ingin menginap tapi tidak suka camping, tersedia beberapa penginapan yang cukup elegan. Sedangkan bagi yang datang dalam rombongan yang beranggotakan antara 6 sampai dengan 10 orang, tersedia penginapan dalam bentuk asrama. Pantai Tamban memang cocok bagi orang-orang yang berjiwa petualang. Jika merasa kurang puas menikmati pantai dari tepi, mereka bisa menyewa sebuah perahu wisata yang bisa menampung sampai dengan 12 orang penumpang. Biaya untuk naik perahu wisata ini relatif murah, yaitu mulai dari Rp. 15.000 per orang, untuk rute yang paling singkat. Sedangkan untuk rute yang lebih lama, yaitu rute yang juga mendarat di Pulau Sempu dan durasinya selama 30 menit, tarifnya sedikit lebih mahal tapi tetap terjangkau. Harga tiket masuk ke Pantai Tamban sebesar Rp. 6000 per orang. Sebagai objek wisata pantai yang sudah terkelola dengan baik, fasilitas yang tersedia di Pantai Tamban tergolong lengkap. Ada kamar mandi, penginapan, dan bagi para pengunjung yang merasa lapar, ada beberapa warung makan yang menyediakan aneka seafood.

4.Pantai Ungapan

Gambar Pantai Ungapan
source : triptrus.com
Pantai Ungapan letaknya di dalam wilayah Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Jika anda berangkat dari Kota Malang, untuk sampai ke pantai yang indah ini anda harus menempuh perjalanan selama sekitar 2,5 jam, karena memang jaraknya cukup jauh, yaitu sekitar 65 kilometer. Selama perjalanan anda akan menjumpai banyak tikungan. Tapi, jalanan sangat bagus dan halus, sehingga perjalanan tetap nyaman. Ada dua jalur yang bisa anda lalui untuk sampai ke pantai ini. Untuk jalur yang pertama, anda harus menuju ke arah Pantai Sendang Biru, lalu mencari penunjuk arah ke Pantai Ungapan. Sedangkan untuk jalur yang kedua, anda harus menuju ke arah Pantai Balekambang, tapi sebelum sampai di pantai tersebut anda harus belok kiri ke arah Pantai Ungapan. Rute yang kedua ini jaraknya lebih jauh dibandingkan rute yang pertama. Pantai Ungapan, Pantai Ungapan memang sudah dikelola sebagai tempat wisata. Tapi, karena pantai ini masih relatif baru, pengunjungnya belum terlalu banyak. Jadi, jika anda datang ke pantai ini, anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan pantai dalam suasana yang tenang. Namun, sebenarnya anda akan rugi jika hanya duduk-duduk di tepi pantai saja. Karena, ada banyak aktivitas yang lebih seru yang bisa anda lakukan di pantai ini. Jika anda suka tracking, anda bisa menyusuri muara hingga ke hulu. Jarak yang harus anda tempuh sekitar 7 kilometer, dan sepanjang perjalanan anda akan melihat banyak pemandangan yang indah dan alami. Anda juga bisa menjelajahi bukit-bukit yang ada di sekitar pantai ini. Hal ini tidak terlalu melelahkan, karena bukit-bukit tersebut tidak terlalu tinggi, dan medannya pun cukup mudah untuk dilalui. Setelah sampai di atas bukit, anda bisa menikmati keindahan pemandangan pantai dan sekitarnya yang terlihat sangat jelas. Selain bagus untuk difoto, pemandangan dari atas bukit juga sangat pas untuk digunakan sebagai latar belakang berfoto selfie. Kawasan pantai ini dikelola oleh Perhutani. Tiket masuk ke pantai ini sebesar Rp. 5000 per orang. Di pantai ini sudah tersedia berbagai fasilitas standar, seperti kamar mandi, area parkir, dan musholla. Selain itu, di pinggir pantai ini telah dibangun banyak gubuk. Karena itu lah, pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Seribu Gubuk, walaupun jumlah gubuknya sebenarnya tidak sampai 1000. Di gubuk-gubuk yang teduh ini biasanya para pengunjung bersantai sambil melepas lelah setelah menjelajahi daerah pantai dan sekitarnya.

5.Pantai Sendang Biru

Gambar Pantai Sendang Biru
source : chiclocations.com
Lebih seru lagi bila berpetualang menuju ke pulau seberang yang bernama pulau Sempu. Di sana sudah tersedia perahu khusus untuk penyeberangan menuju ke pulau Sempu, dengan tarif maksimal Rp.100.000. Nah, sesampainya di pulau Sempu kamu akan disuguhi pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Pulau Sempu inilah yang menjadi puncak keindahan di sana. Pulau Sempu menyajikan pemandangan hamparan pasir putih yang menawan, banyak sekali pepohonan hijau yang rindang, menjadikan kawasan ini benar-benar sangat alami. Bisa dibilang wisata pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu ini lagi hits banget saat ini, dulunya memang masih sangat jarang yang mengunjunginya. Tetapi, kini sudah banyak wisatawan yang penasaran dan mengunjunginya. Pantai Sendang Biru ini terletak di desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk pantai Sendang Biru terbilang murah, hanya Rp.5.000/orang.

6.Pantai Goa Cina

Gambar Pantai Goa Cina
source : jawakelana.files.wordpress.com
Pantai goa Cina ini memiliki pemandangan yang sangat bagus dan mulai banyak diminati wisatawan. Asal-usul mengapa di beri nama “Goa Cina”, dikarenakan adanya sebuah goa bersejarah sejak zama dahulu, letaknya berada di sebelah kanan pintu masuk. Berdasarkan kisahnya, goa tersebut digunakan sebagai tempat bertapa oleh seorang Cina selama bertahun-tahun sampai meninggal.Pantai Goa Cina,
Pantai goa Cina ini pesonanya sangat luar biasa, memiliki hamparan bibir pantai yang luas. Banyak juga tebing yang berwarna hijau karena dipenuhi semak belukar. Menjadi panorama alam yang sangat menawan. Desiran ombak terus terdengar, serta semilir angin yang berhembus semakin membuat nyaman pengunjungnya. Ada tiga batu karang yang berada di tengah pantai menjadikan pemandangan lebih menarik. Lokasi pantai Goa Cina ini terletak di dusun Tumpak Awu, desa Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak tempuh pantai goa Cina ini dari pantai Bajul Mati hanya sekitar 15 menit saja. Harga tiket masuk pantai Goa Cina terbilang murah, yaitu Rp.5.000/orang. Sedangkan untuk biaya parkir motor Rp.5.000, dan Rp.7.000 untuk mobil.

7.Pantai Bajul Mati

Gambar Pantai Bajul Mati
source : malang-guidance.com
Pantai Bajul Mati sebenarnya bukanlah pantai baru di Malang, tetapi sudah ada sejak tahun 90-an. Hanya saja terekspose baru beberapa tahun terakhir ini, dan kini mulai banyak pengunjungnya. Sesuai dengan namanya, awal mulai di pantai ini terdapat seekor buaya mati yang menghebohkan warga sekitar, hingga akhirnya pantai ini diberi nama pantai Bajul Mati. Pantai Bajul Mati, Di sana juga terdapat batu karang besar dan memanjang, mirip sekali seperti badan buaya. Apabila ada ombak besar yang datang, maka batu karang tersebut seolah-olah nampak seperti buaya yang hidup. Kondisi pantai Bajul Mati masih sangat bersih, dan belum banyak sampah-sampah dari pengunjung. Ini menjadikan pantai Bajul Mati masih sangat alami dengan panorama yang sangat cantik. Pantai Bajul Mati ini terletak di desa Gajahrejo, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Akses jalan melewati kawasan pegunungan, sehingga jalan banyak yang berkelok karena banyak tikungan. Perjalanan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan. Harga tiket masuk pantai Bajul Mati murah banget sob, hanya Rp.4.000/orang.

8.Pantai Mbehi

Gambar Pantai Mbehi
source : pantaimalangraya.blogspot.com
Bila berkunjung ke Malang, rasanya belum lengkap kalo belum mengunjungi wisata alam satu ini, yaitu teluk Bidadari. Teluk Bidadari merupakan salah satu wisata antimainstream yang sangat keren, dikarenakan menyajikan pemandangan alam yang tak biasa. Teluk Bidadari Teluk Bidadari adalah sebuah genangan yang cukup luas dan berisikan air yang berwarna biru kehijauan. Jika dipandang, maka terlihat menjadi pemandangan alam yang sangat menawan. Sudah banyak kok foto-foto dari para pengunjung dengan background teluk Bidadari ini. Dan memang sangat bagus sekali, sehingga mendapatkan banyak respon positif dari pengguna aktif sosmed. Teluk Bidadari nampak semakin eksotis ketika cuaca lagi cerah, ditambah dengan angle foto yang pas, maka menghasilkan foto yang sangat keren. Lebih asyik lagi bila menggunakan pelampung dan bersantai di genangan airnya. Teluk Bidadari ini berada di sebuah bukit sebelah timur dari pantai Mbehi. Bila kamu liburan ke pantai Mbehi, cobalah mampir ke teluk Bidadari, trekking dari pantai Mbehi menuju teluk Bidadari dibutuhkan waktu sekitar 30-40 menit. Untuk bisa menikmati indahnya pantai Mbehi sekaligus teluk Bidadari, maka pengunjung harus membayar biaya guide sebesar Rp.100.000/rombongan. Bila kamu ke sana hanya beberapa orang saja, maka bisa bergabung dengan rombongan lainnya. Lokasinya terletak di desa Sumberbening, kecamatan Bantur, kabupaten Malang, Jawa Timur.

9.Pantai Batu Bekung

Gambar Pantai Batu Bekung
source : malang.merdeka.com
Pantai Batu Bekung sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi akhir-akhir ini menjadi hits di kalangan wisatawan. Disebut pantai Batu Bekung karena bibir pantai dikelilingi dua batu karang besar yang melengkung. Nampak sangat unik, bagus bagus banget pemandangannya. Pantai Batu Bekung Pada saat laut sedang surut, kamu dapat bermain pasir di tepi pantai sembari menyaksikan gelombang pantai yang tenang berpadu dengan birunya langit, sangatlah indah. Diiringi dengan hembusan angin yang sepoi, menjadikan sensasi liburan di pantai Batu Bekung semakin istimewa. Pantai Batu Bekung ini berlokasi di desa Gajah Rejo, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk bisa masuk pantai ini, kamu cukup membayar tiket seharga Rp.5.000 saja.

10.Pantai Sendiki

Gambar Pantai Sendiki
source : traveliday.com
Pantai Sendiki merupakan salah satu pantai yang belum begitu dikenal banyak pengunjung. Sehingga kealamiannya masih benar-benar terjaga. Pantai Sendiki menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan. Nampak jelas lautan yang berwarna biru, deburan ombak dan terus bergerak, berpadu dengan panorama langit yang cerah. Sehingga sangat memanjakan mata para pengunjung. Pantai Sendiki, Meski tak sepopuler pantai Balekambang maupun pantai Ngliyep, tetapi pantai ini tak kalah istimewa. Pantai ini memiliki hamparan bibir pantai yang cukup luas, berisikin pasir putih. Sangat asyik bila menikmati suasana khas pantai sembari bermain bola Voli. Untuk berangkat ke sana, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Belum ada angkutan umum yang sampai ke sana. Harga tiket masuk pantai Sendiki Rp.5.000, terbilang cukup murah. Dengan biaya tersebut, kamu sudah bisa menikmati pesona pantai Sendiki yang sangat luar biasa. Pantai Sendiki terletak di desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, Jawa Timur.

11.Pantai Kedung Celeng

Gambar Pantai Kedung Celeng
source : JejakPiknik.com
Ini merupakan salah satu pantai yang tersembunyi di Malang. Keindahan alamnya masih benar-benar terjaga, belum banyak sampai dari pengunjung. Karena memang masih sedikit pengunjung yang mendatangi kawasan pantai ini. Pantai Kedung Celeng, Setelah foto-foto keindahannya diupload di media sosial, banyak yang penasaran dengan pantai Kedung Celeng. Sehingga, pada saat liburan, pengunjung yang datang mulai bertambah. Pantai Kedung Celeng ini asyik banget buat berendam dan bermain air sepuasnya, karena ombak yang tak begitu besar. Dasar pantai di bagian tepi terdapat pasir dan juga batu karang, jadi bila kamu ingin berenang atau berendam, jangan terlampau jauh ke tengah, cukup bermain-main di tepi saja sudah sangat seru dan menyenangkan. Berendam sembari menikmati pemandangan alam yang sangat indah, tentu menjadikan liburan kamu sangat istimewa. Alamat pantai Kedung Celeng di Jl. Raya Banjarejo, dusun Sumberceleng, desa Banjarejo, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuknya murah sekali, hanya Rp.3.000/orang, yang mahal adalah harga parkirnya, yaitu Rp.5.000 per kendaraan.

12.Pantai Balekambang

Gambar Pantai Balekambang
source : indonesia-tourwisata.blogspot.com
Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling populer di Malang, pemandangan pantai yang sangat indah menjadi daya tarik bagi wisatawan. Karena keindahan pantai ini, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Tanah Lot-nya Malang. Di pantai Balekambang terdapat jembatan yang menghubungkan ke sebuah pulau kecil yang bernama pulau Ismoyo. Dan di pulau Ismoyo tersebut derdapat sebuah Pura yang sangat khas sebagai ikon pantai Balekambang. Pantai Balekambang, Rute menuju pantai Balekambang juga sangat mudah, karena bila kamu memasuki kecamatan Pagak, di sana sudah terpampang papan petunjuk menuju ke lokasi. Pantai Balekambang ini terletak di desa Srigonco, kecamatan Bantur, kabupaten Malang, Jawa Timur. Akses jalan menuju ke lokasi cukup bagus dan lancar, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Harga tiket masuk pantai Balekambang Rp.15.000/orang. Dengan biaya tersebut, kamu sudah bisa menikmati pemandangan pantai sepuasnya. Hamparan pasir putih berada di bibir pantai menjadi spot yang kece untuk bermain maupun berfoto dengan background air laut. Ombak besarnya berada di tengah pantai, jadi kamu dapat bermain air sepuasnya di pinggir pantai Balekambang.

13.Pantai Clungup

Gambar Pantai Clungup
source : weekend99.blogspot.co.id
Pantai Clungup merupakan salah satu pantai di Malang yang memiliki panorama alam yang sangat luar biasa. Bahkan banyak yang bilang bahwa pantai Clungup ini adalah pantai Raja Ampatnya Malang, hehe. Ya meskipun tak sepopuler pantai di Raja Ampat, tetapi pesona keindahan pantai ini tak kalah kok.  Pantai Clungup Pantai Clungup masih termasuk dalam kawasan konservasi Sendang Biru, tepatnya di desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermaning Weta, kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju ke sana kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, hanya saja untuk roda empat jarak parkirnya lebih jauh, dan harus berjalan kaki hingga sampai lokasi. Harga tiket masuk pantai Clungup sebenarnya gratis, hanya saja umumnya pengunjung memberikan donasi sebesar Rp.6.000 per orangnya, itu saja udah termasuk murah. Pengunjung juga membayar biaya parkir sebesar Rp.3.000. Rute yang bisa ditempuh dari kota Malang menuju ke lokasi, maka melewati kecamatan Bululawang – kecamatan Turen – kecamatan Sumbermanjing Wetan. Alamat tersebut sudah tercatat dalam Google Map, ini tentu sangat berguna sebagai petunjuk jalan bila menggunakan GPS.

14.Pantai Kondang Merak

Gambar Pantai Kondang Merak
source : Pegipegi.com
Malang Selatan memilik daftar pantai yang banyak sekali, tidak hanya pantai Bajul Mati, pantai Sendang Biru, pantai Tiga Warna, pantai Balekambang, pantai Ngliyep, dan lain sebagainya. Satu lagi nih pantai yang tak kalah cakepnya dengan daftar pantai-pantai tersebut, namanya adalah pantau Kondang Merak. Pantai Kondang Merak, Keindahan pantai Kondang Merak tidak diragukan lagi, pantai Kondang Merak cukup populer di kalangan warga sekitar. Pantai ini bibir pantainya dipenuhi dengan pasir putih, dari kejauhan nampak hamparan luas berwarna putih. Lokasi pantai Kondang Merak ini terletak di desa Sumberbening, kecamatan Bantur, kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika anda sudah sampai kawasan Gondanglegi, tinggal ikuti arah menuju pantai Balekambang. Pantai Kondang Merak jaraknya cukup dekat dengan pantai Balekambang. Kamu bisa bertanya pada warga sekitar, bisa juga dengan memanfaatkan GPS dengan mengacu pada peta Google. Harga tiket masuk pantai Kondang Merak cukup terjangkau, hanya Rp.5.000 per orang. Kamu juga akan dikenai biaya parkir Rp.5.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp.7.000 untuk kendaraan roda empat. Awal mula dinamai pantai Kondang Merak, karena dulunya pada tahun 1980-an, pantai ini dihui oleh burung Merak yang banyak sekali jumlahnya.

15.Pantai Jonggring Saloko
Gambar Pantai Jonggring Saloko
source : islahagus.blogspot.co.id
Pantai Jonggring Saloko adalah salah satu dari sekian banyak daftar pantai di Malang yang menyuguhkan panorama pantai yang luar biasa. Ini merupakan pantai yang jarang didatangi wisatawan, maka kebersihan dan kealamiannya masih benar-benar terjaga. Pantai Jonggring Saloko,
Pantai Jonggring Saloko memiliki keunikan, yaitu semburan air laut yang cukup keras membentur batu karang, sehingga menimbulkan bunyi “brosssshh”. Akses jalan menuju ke lokasi cukup sulut dan berkelok, maka tak heran bila pantai ini masih jarang didatangi pengunjung. Lokasi pantai Jonggring Saloko terletak di desa Mentraman, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak dari kota Malang sampai lokasi sekitar 69 km. Fasilitas di pantai ini masih sangat minim, dan belum ada penjual makanan di sekitar lokasi.

16.Pantai Kondang Iwak

Gambar Pantai Kondang Iwak
source : wisatajatim.info
Pantai Kondang Iwak merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang cakep di Malang Selatan. Pantai ini patut dikunjungi wisatawan, karena memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa. Keindahan pantai Kondang Iwak tak kalah cantiknya dengan pemandangan pantai Tiga Warna maupun pantai Bajul Mati. Pantai Kondang Iwak, Meskipun pengunjung yang mendatangi pantai Kondang Iwak tak seramai pantai Balekambang maupun pantai Ngliyep, namun panorama alamnya tak kalah mempesona. Bila kamu berada di pantai ini, kamu akan merasakan betapa luar biasanya berada di sana, seakan-akan seperti berada di pantai di Bali. Pantai Kondang Iwak memiliki keunikan, yaitu terdapat batu karang yang besar, sehingga bila melihat sekilas seperti pantai Papuma Jember. Pasir putih yang berada di bibir pantai terasa lembut dikaki, dan menjadi penghias landscape pantai. Pantai Kondang Iwak terletak di dusun Sumberpucung, desa Tulungrejo, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Jarak lokasi pantai dari kota Malang sekitar 70 km, dan kamu bisa menuju ke lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor maupun mobil.

17.Pantai Modangan

Gambar Pantai Modangan
source : masbei.com
Pantai Modangan kini termasuk salah satu pantai yang lagi naik daun di kalangan wisatawan. Pantai Modangan sebelumnya tak begitu dikenal, dan setelah foto pemandangannya banyak yang diupload di sosial media, kini menjadikannya mulai dikunjungi wisatawan. Pantai Modangan Malang, Meskipun namanya tak setenar pantai Ngliyep maupun pantai Balekambang, tetapi panorama alamnya tak kalah ciamik sob. Pantai Modangan cocok banget sebagai destinasi bagi para pecinta wisata antimainstream, karena pantai ini masih sangat alami. Belum ada fasilitas yang mumpuni di kawasan pantai ini, jadi bila kamu berniat untuk liburan di sana maka sebaiknya mempersiapkan perbekalan dari rumah. Pantai Modangan saat ini telah tersedia gardu pandang model “I Love U” yang mirip dengan prodperti di Garden Flower Coban Rais. Dan kawasan tersebut menjadi salah satu kawasan favorit untuk bermain paralayang. Jadi, buat kamu yang bingung mau liburan ke mana, maka pantai Modangan bisa menjadi pilihan yang bagus. Kamu tudak hanya bisa menikmati keindahan pantai, tetapi juga bisa mencoba paralayang untuk mengunji adrenalin kamu sob, hehe. Pantai Modangan ini lokasinya terletak di dusun Kalitekuk, desa Sumberoto, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Belum ada biaya retribusi yang dikenakan pengunjung, karena memang wisata ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat.

18.Pantai Kaliapus

Gambar Pantai Kaliapus
source : flickr.com
Berwisata ke pantai memang menyenangkan. Masalahnya, pada saat liburan, biasanya hampir semua pantai dipenuhi oleh wisatawan. Ini membuat kita tidak bisa menikmati suasana pantai yang sesungguhnya. Untuk bisa menikmati suasana pantai yang alami, kita harus berkunjung ke pantai yang masih perawan, seperti Pantai Kaliapus yang lokasinya masuk dalam wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Memang pantai ini cukup jauh. Dari Kota Malang, jarak yang harus ditempuh sekitar 75 kilometer, dan ini memakan waktu sekitar 3 jam. Letak pantai ini masih satu daerah dengan Pantai Sendiki. Dan memang, untuk bisa sampai ke Pantai Kaliapus, kita harus ke Pantai Sendiki terlebih dahulu, baru kemudian berjalan kaki dari sana. Pantai Kaliapus, Pantai Kaliapus memang bukan pantai yang komersil. Jadi, sangat sedikit orang yang berkunjung ke pantai ini. Selain itu, pantai ini memang kesannya tertutup, dengan berbagai macam larangan dengan alasan keselamatan. Contohnya, siapapun yang ingin ke pantai ini harus memakai jasa guide dari Pantai Sendiki. Selain itu, guide pun tidak akan langsung bersedia menemani ke sana, apalagi kalau sudah terlalu sore. Karena menurut penduduk sekitar, di Pantai Kaliapus banyak hewan buas yang biasanya berkeliaran saat malam hari. Harga sewa guide pun relatif mahal. Kita harus mengeluarkan antara 100 sampai dengan 200 ribu rupiah per rombongan. Itu pun masih dengan batasan waktu. Kita hanya boleh berada di pantai itu selama maksimal 5 jam saja. Di Pantai Kaliapus kita bisa menikmati suasana pantai yang masih alami, karena memang ini bukan pantai yang komersil. Hamparan pasir di pantai ini bersih, tanpa sampah yang berasal dari wisatawan, karena memang tidak banyak orang yang kesana. Walaupun tempatnya terkesan sunyi dan tenang, tidak boleh ada orang yang menginap di kawasan pantai ini. Dan peraturan ini bukan sekedar formalitas, melainkan larangan yang serius. Pengunjung yang nekad menginap akan didatangi oleh penduduk setempat. Selain karena faktor keselamatan, banyak faktor lain yang melatarbelakangi peraturan ini. Karena pantai ini tidak dikelola untuk wisata, tidak ada tiket masuk yang harus dibeli. Tapi, karena untuk masuk ke pantai ini kita harus lewat Pantai Sendiki, kita harus membeli tiket di sana yang harganya Rp. 5000. Masih ada juga biaya parkir sebesar Rp. 5000 per kendaraan. Untuk fasilitas, di Pantai Kaliapus jelas tidak tersedia apapun. Jadi, sebelum berangkat ke sana kita harus mempersiapkan segalanya dengan matang.

19.Pantai Licin

Gambar Pantai Licin
source : JejakPiknik.com
Di Indonesia memang ada banyak objek wisata alam yang indah. Tapi, beberapa di antaranya tidak terlalu mudah untuk dijangkau karena memang belum dikelola dengan baik. Salah satu contohnya adalah Pantai Licin. Pantai yang indah ini lokasinya masuk dalam wilayah Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Malang. Untuk sampai ke pantai ini, kita harus menggunakan kendaraan pribadi, karena memang belum ada kendaraan umum yang rutenya sampai ke sana. Selain itu, akan lebih praktis jika kita menggunakan sepeda motor. Sepeda motor pun bukan yang sembarangan, melainkan harus yang kuat untuk medan berat. Karena, jalanan menuju ke pantai ini cenderung sempit dan medannya sulit. Bahkan, ada tempat-tempat tertentu yang memang tidak bisa dilewati oleh mobil karena terlalu berbahaya, misalnya jalan yang sempit dan dekat dengan jurang.  Pantai Licin, Walaupun untuk bisa sampai ke pantai ini dibutuhkan perjuangan, semua rasa lelah akan sirna saat tiba di pantai ini dan melihat keindahannya. Pasir di pantai ini berwarna hitam. Dan berbeda dengan pantai yang ramai, di pantai yang masih sepi ini lingkungannya bersih dan alami, tanpa sampah. Ombak di pantai ini tidak besar. Jadi, aman bagi para pengunjung yang ingin mandi atau sekedar bermain-main air. Menurut beberapa sumber, sebenarnya dulu pasir di pantai ini berwarna putih. Tapi, kemudian semuanya tertutupi oleh muntahan lahar Gunung Semeru yang masuk ke laut dari Sungai Glidik dan terbawa air sampai ke pantai ini. Selain pemandangan yang indah dan alami, di pantai ini kita bisa melihat kegiatan para nelayan yang sedang mencari ikan.
Karena Pantai Licin memang belum dikelola menjadi tempat wisata yang komersil, untuk masuk ke pantai ini kita tidak perlu membayar serupiahpun. Tapi di sisi lain, karena memang tidak ada yang mengelola, di pantai ini tidak ada fasilitas apapun untuk wisatawan. Berbeda dengan beberapa pantai lainnya yang lokasinya tersembunyi, di Pantai Licin ini tidak ada mitos atau cerita misteri yang menyeramkan. Para wisatawan yang ke pantai ini bebas untuk bermalam atau camping di tepi pantai. Dan sebenarnya, ini adalah cara terbaik untuk bisa menikmati indahnya matahari terbit.

20.Pantai Pancer

Gambar Pantai Pancer
source : Ngalam.co
Sebenarnya di Kabupaten Malang ada banyak pantai yang indah, tapi belum banyak dikenal oleh wisatawan. Salah satunya bernama Pantai Pancer, yang lokasinya berada di dalam wilayah Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Dari pusat Kota Malang, jarak ke pantai ini sekitar 68 kilometer. Jarak ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dalam waktu sekitar 2,5 jam. Pantai ini cukup mudah untuk ditemukan. Jika kita berangkat dari Kota Malang, kita tinggal menuju ke arah Pantai Sendangbiru. Kemudian, kita mengikuti arah penunjuk jalan menuju Klepu, lalu menuju ke Desa Sidoasri. Setelah sampai di desa tersebut, kita dapat dengan mudah menemukan papan penunjuk jalan ke Pantai Pancer. Ini sebenarnya bukan satu-satunya rute menuju ke Pantai Pancer. Tapi, rute inilah yang paling mudah. Untuk mempermudah, tidak ada salahnya jika kita menggunakan Google Maps. Tapi hati-hati, jangan sampai salah karena ada beberapa pantai yang bernama Pantai Pancer. Pantai Pancer, Di Pantai Pancer kita bisa menikmati pemandangan pantai yang masih asri dan bersih. Karena memang, jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang terkenal, pantai ini relatif sepi dan tidak banyak pengunjungnya. Di pantai ini ombaknya tidak terlalu tinggi. Dan memang pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Banyu Anteng, atau pantai dengan air yang tenang. Jadi, pantai ini cukup aman bagi pengunjung yang ingin sekedar berendam atau bermain air di tepian. Tapi bagaimanapun juga, karena pantai ini masuk dalam kawasan pantai selatan, sebaiknya jangan terlalu ke tengah, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Di sekeliling Pantai Pancer ada banyak bukit yang asri. Biasanya, bukit-bukit tersebut menjadi tempat yang menarik bagi para penggemar hiking, karena medannya yang terjal cenderung menantang bagi yang menyukainya. Pantai Pancer sangat cocok bagi para pengunjung yang memang berencana untuk berlama-lama atau bahkan menginap. Mereka bisa mendirikan tenda di beberapa spot yang memang sangat cocok untuk camping. Lalu, di pagi hari, mereka bisa menikmati indahnya pemandangan saat matahari terbit. Sebagai tempat wisata, memang Pantai Pancer tergolong minim fasilitas. Jadi, sebaiknya para pengunjung membawa semua perlengkapan yang mereka butuhkan dari rumah.

21.Pantai Ngliyep

Gambar Pantai Ngliyep
source : Kabarmaya.co.id
Selain pantai Balekambang, Malang juga terkenal memiliki pantai yang sangat menawan. Ombaknya cukup besar, dan saat liburan cukup banyak wisatawan yang berbondong-bondong mendatangi pantai ini. Pantai Ngliyep memiliki keindahan yang mempesona. Terdapat tebing di bibir pantai, selain itu banyak juga pasir putih yang menjadikan pantai ini nampak begitu indah. Pantai Ngliyep, Karena pesona keindahannya tersebut, pantai Ngliyep disebut-sebut sebagai pantai Lombok-nya Malang. Akses jalan menuju ke lokasi lumayan bagus, dan sudah banyak papan petunjuk untuk menuju ke lokasi. Lokasi pantai ini terletak di desa Kedungsalam, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk pantai Ngliyep Rp. 15.000/orang, dan juga dikenai biaya parkir sebesar Rp.5.000. Fasilitas di pantai Ngliyep cukup lengkap, mulai dari penginapan, kamar mandi, warung makan, dan lain-lain.


22.Pantai Tiga Warna

Gambar Pantai Tiga Warna
source : iqbalazhari.com
Pantai ini dinamai “Tiga Warna” dikarenaka warna air lautnya yang nampak seperti ada tiga. Perbedaan warna ini berdasarkan tingkat kedalaman laut, yaitu bila di tengah karena sangat dalam maka nampak berwarna biru, agak ke tepi warna airnya menjadi hijau dengan kedalaman sedang, dan air pantai di tepian berwarna bening menembus dasar yang dipenuhi pasir dan bebatuan.  Pantai Tiga Warna, Di sana dikelilingi tebing-tebing yang berwarna hijau karena dipenuhi dengan semak belukar. Pemandangan pantai ini sangat mempesona, sangat bagus sebagai landscape untuk berfoto-foto. Pantai Tiga Warna ini tak seramai pantai Balekambang maupun pantai Ngliyep. Meski begitu, pemandangan alamnya tak kalah indah. Justru karena pengunjungnya masih minim menjadikan pantai ini masih sangat alami, karena sedikit sekali keberadaan sampah di sana. Lokasi pantai Tiga Warna ini terletak di desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk pantai Tiga Warna ini dipatok Rp.5.000/orangnya, dan harus menyewa guide Rp.100.000/kelompok. Tiap kelompoknya ada minimal maksimal 10 orang, dan sistemnya bergantian dengan kelompok yang sudah masuk terlebih dahulu.


23.Pantai Sendang Biru

Gambar Pantai Sendang Biru
source : wisatajawa.co.id
Ini merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Malang selatan yang asyik banget sob, cocok banget buat para petualang. Wisata ini menawarkan pemandangan pantai Sendang Biru yang menawan, pantai tersebut terkenal sebagai pantai yang banyak ikannya. Di sana, kamu akan menemui banyak perahu-perahu para nelayan. Ombak di pantai Sendang Biru tak begitu besar, jadi aman buat kamu yang ingin bermain air.


24.Pantai Bangsong

Gambar Pantai Bangsong
source : wisatalengkap.com
Di sekitar Kota Malang ada cukup banyak pantai yang belum lama ini mulai dibuka untuk umum sebagai tempat untuk berwisata. Salah satunya adalah Pantai Bangsong yang berada di dalam wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing. Dari pusat Kota Malang dibutuhkan 2,5 jam untuk menempuh jarak sekitar 75 kilometer menuju ke tempat ini. Jadi memang jaraknya cukup jauh sehingga perjalanan memakan waktu yang lama. Untungnya, di sepanjang perjalanan ada banyak pemandangan indah yang bisa dinikmati, karena yang dilewati berupa hutan, gunung kapur, dan sebagainya. Pantai ini memang belum lama dibuka, jadi di sana belum tersedia fasilitas apapun untuk pengunjung. Karena itu, sebaiknya pengunjung mempersiapkan bekal dari rumah, karena di lokasi tersebut bahkan belum ada penjual makanan. Pantai Bangsong, Menemukan lokasi Pantai Bangsong sangat mudah, karena dekat dengan Pantai Clungup yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Dan ketika sampai di tempat ini, biasanya pengunjung akan terkagum-kagum. Bagi orang-orang yang suka dengan tempat-tempat yang masih alami, pantai ini merupakan tujuan wisata yang sempurna. Karena pengunjungnya belum banyak, pantai ini masih sangat bersih dan alami. Di pantai ini tidak banyak sampah berserakan seperti yang sering kita temukan di pantai-pantai yang padat pengunjung. Selain itu, pantai ini juga sunyi, sehingga cocok untuk bersantai dan melepas kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Karena ombaknya tidak besar, di tempat ini para pengunjung bisa bermain-main air di tepian. Khusus bagi yang gemar menjelajahi alam, mereka bisa berjalan ke arah Pantai Tomen yang letaknya sangat dekat dengan pantai ini. Karena masih sepi dan memang belum ada fasilitas apapun, di pantai yang merupakan salah satu tempat konservasi penyu ini pengunjung bisa melakukan apa saja sesuai dengan minat masing-masing, asalkan tidak merusak atau mengotori alam. Yang suka menjelajahi alam bisa menjelajahi daerah sekitar. Dan bagi yang suka berfoto, di pantai ini ada beberapa spot yang sangat bagus untuk dijadikan latar belakang berfoto. Sedangkan bagi yang hanya ingin bersantai saja, hamparan pasir yang bersih dan angin pantai yang sepoi-sepoi selalu siap untuk menemani.

25.Pantai Ngudel

Gambar Pantai Ngudel
source : feryarifian.blogspot.co.id
Di sekitar Kota Malang ada beberapa pantai baru. Tentu saja, “baru” bukan berarti bahwa pantai-pantai ini baru terbentuk. Sebenarnya pantai-pantai ini sudah ada sejak dulu, tapi baru saja dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Dari beberapa pantai yang masih baru ini, salah satu yang paling cepat menjadi terkenal adalah Pantai Ngudel. Nama pantai ini cukup menggelitik, karena mengingatkan kita kepada salah satu daerah di tubuh kita. Dan memang, pantai ini diberi nama Pantai Ngudel karena ada batu besar yang menyembul di tengah laut, sehingga mirip dengan pusar yang ada di tengah bagian perut. Pantai yang masuk dalam wilayah Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan ini jika dari pusat Kota Malang dapat dijangkau dalam waktu sekitar 2,5 jam karena memang jaraknya cukup jauh, yaitu sekitar 80 kilometer. Untungnya, akses ke pantai ini sangat mudah, dan jalanan yang menuju ke sana beraspal halus sehingga cocok untuk semua jenis kendaraan. Pantai Ngudel, Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih yang sangat menggoda siapapun untuk bermain-main atau sekedar berjalan-jalan dengan bertelanjang kaki. Selain itu, di pantai ini airnya biru dan jernih, yang tentunya membuat pengunjungnya ingin menceburkan diri ke dalamnya. Sayangnya, karena alasan keselamatan, di pantai yang indah ini pengunjung dilarang mandi atau berenang di laut. Jadi, para pengunjung harus puas hanya dengan bermain-main di pinggiran pantai saja. Di sekeliling pantai ini, ada bukit dan tebing yang cukup menarik untuk latar belakang berfoto. Selain itu, keindahan pantai juga dapat dinikmati dari atas bukit-bukit tersebut. Pantai ini memang sudah dikelola sebagai kawasan wisata. Jadi, sudah ada loket yang menjual tiket, dan bagi para pengunjung sudah tersedia beberapa fasilitas seperti gazebo untuk bersantai di tepi pantai dan yang lainnya. Harga tiket masuk ke kawasan pantai ini sebesar Rp. 5000 per orang. Sedangkan untuk parkir mobil biayanya sebesar Rp. 10.000. Sebagai tempat wisata memang Pantai Ngudel ini belum terkelola dengan maksimal. Padahal, dilihat dari keindahan alam yang ditawarkannya, seperti pasirnya yang putih dan airnya yang biru jernih, potensi pantai ini sangat bagus.

26.Pantai Savana

Gambar Pantai Savana
source : nupila.blogspot.co.id
Jika anda ingin berwisata ke pantai, tapi anda ingin melihat suasana pantai yang unik, anda harus berkunjung ke Pantai Savana. Pantai ini berada dalam wilayah Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, dan lokasinya dekat dengan beberapa pantai lainnya. Dari pusat Kota Malang, jarak ke pantai ini yang kurang lebih 73 kilometer dapat ditempuh dalam waktu 2,5 sampai dengan 3 jam. Saat tiba di Pantai Savana, anda harus membeli tiket masuk yang harganya Rp. 6000 per orang. Selain itu, anda juga harus membayar biaya parkir. Tapi itu belum semuanya. Di pantai ini anda harus ditemani oleh seorang guide, yang biayanya sekitar Rp. 75.000 sampai dengan Rp. 150.000 untuk satu rombongan yang terdiri dari maksimal 10 orang. Pantai Savana, Sesuai dengan namanya, yang membuat pantai ini berbeda dari pantai-pantai lainnya adalah padang savananya. Jadi, di sekitar pantai ini banyak terdapat padang savana yang membentang luas dan hijau. Sebagian besar tumbuhan yang ada di sana merupakan rumput liar dan ilalang. Di Pantai Savana ini pasirnya berwarna putih dan halus. Karena memang pengunjungnya belum terlalu banyak, kondisi pantai ini masih sangat alami dan bersih dari sampah. Air di pantai ini tampak biru dan jernih. Sangat sulit untuk tidak tergoda untuk menceburkan diri dan bermain air di sana. Padahal, di pantai ini pengunjung dilarang untuk berenang. Selain dari tepi pantai, keindahan tempat ini juga dapat anda nikmati dari atas sebuah bukit yang letaknya tidak terlalu jauh dari pantai. Dari atas bukit, selain bisa mengambil foto pemandangan pantai yang indah, anda juga bisa berfoto bersama rombongan anda dengan latar belakang savana yang hijau. Memang di Pantai Savana bukan hanya pantainya saja yang memukau. Bukit yang ada di Pantai Savana merupakan spot yang sangat bagus untuk melihat pemandangan indah saat matahari terbit maupun terbenam. Karena memang pantai ini bukan pantai yang benar-benar terbuka untuk wisatawan, dan juga sekaligus merupakan salah satu pantai konservasi terumbu karang, tidak ada fasilitas apapun yang tersedia di sana. Bahkan penjual makanan pun tidak ada, sehingga anda harus membawa bekal dari rumah.

27. Pantai Selok

Gambar Pantai Selok
source : explorejateng.com
Kedua pantai ini tergabung dalam satu kawasan, tetapi memiliki perbedaan. Bila pantai Selok terkenal dengan ombaknya yang agak besar, sedangkan pantai Banyu Meneng agak lebih tenang. Kedua pantai ini berdampingan, dan patut untuk dijadikan sebagai obyek wisata saat liburan. Pantai Selok, Kondisi pantai Selok maupun Banyu Meneng masih sangat bersih, belum banyak pengunjung yang datang ke sana. Di pantai Selok terdapat hamparan pasir putih nampak sangat menawan, ditambah dengan background pantai yang indah. Di sekitar bibir pantai terdapat batu karang yang besar, nampak sangat unik, ini yang menjadi ikon pantai Selok. Di pantai Banyu Meneng, banyak sekali batu karang, berwarna hijau karena ditumbuhi rerumputan. Kamu bisa menikmati kedua pantai tersebut, karena harga tiket masuknya menjadi satu, yaitu seharga Rp.5.000/orang. Untuk biaya parkirnya cukup mahal, yaitu Rp.5.000 untuk sepeda motor, dan Rp.8.000 untuk mobil. Sedangkan lokasinya terletak di desa Sumberbening, kecamatan Bantur, kabupaten Malang, Jawa Timur.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search