Wednesday, November 29, 2017

Mantap! 12 Makanan Khas Medan Yang Lagi Hits

Indonesia populer dengan keanekaragaman suku serta budaya. Serta, disetiap daerah di Indonesia tentu mempunyai kuliner khasnya semasing. Tidak kecuali dengan Kota Medan, kota yang rasa-rasanya begitu sayang buat kamu terlewat makanan khasnya.

Meskipun medan itu letaknya berada di sisi utara Pulau Sumatera, anda tetaplah mesti cobain kuliner ciri khas dari tempat itu. Karna, rugi banget deh bila anda belum juga sempat nyobain satu diantara makanan yang berada di Medan.

Apa saja sich makanan ciri khas Medan yang dapat kita cobalah atau mungkin saja jadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga dirumah? Lansung saja kita simak dengan, makanan ciri khas Medan.

1. Bakso Lembu


 Bakso Lembu
image : jenzcorner.net
Makanan ciri khas Medan Setelah itu yaitu bakso lembu, bakso yang di buat dengan kombinasi daging lembu, tepung, serta bumbu. Rasa-rasanya pasti tidak kalah sama bakso-bakso yang berada di daerah yang lain.

2. Bika Ambon


Bika Ambon
image : resepdanmasakan.com
Beberapa orang menduga lho bila bika ambon itu asalanya dari Ambon, Maluku. Walau sebenarnya, makanan ini adalah satu diantara ciri khas dari Kota Medan. Tapi kok namanya bika ambon ya? Balum tahu juga tuch mengapa kok namanya dapat bika Ambon.

Nah, bika ambon adalah kue dengan warna kuning serta permukaannya ada lubang-lubang kecil. Anda dapat rasakan kesenangan bika ambon saat hangat.

Rasa-rasanya itu lain, ada hangat-hangatnya gitu, hehe. Tapi memang bener lain lho, ya meskipun makan bika ambon waktu telah dingin juga enak. Tapi, makan bika ambon hangat itu tambah lebih enak, cobain deh.

3. Soto Medan


 Soto Medan
image : travel.tribunnews.com
Nyaris disetiap daerah di Indonesia mempunyai soto khasnya semasing. Ada soto betawi, soto lamongan, soto kudus, serta soto-soto yang lain.

Nah, di Medan nyatanya ada juga lho soto sebagai ciri khas di kota itu, namanya soto medan. Meskipun keduanya sama soto, pasti soto medan memiliki cita rasa yang berlainan dengan soto yang lain.

4. Pancake Medan


Pancake Medan
image : bukuresep.net
Meskipun pancake adalah satu diantara makanan dari luar negeri, tapi di Medan ini jadi satu diantara makanan favorite. Terdapat beberapa rasa yang dapat anda cobain, salah nya ialah rasa durian. Hmm, anda penasaran bagaimana rasa dari pancake durian? Buruan mencari di kota anda, siapa tau telah ada yang menjualnya disana.

5. Sirup Markisa


Sirup Markisa
image : blogkesehatan.xyz
Bila dari barusan makanan semuanya, tidak ada kelirunya kan saat kita ngomongin juga yang ciri khas beda dari Medan. Namanya yaitu sirup markisa, satu minuman dari Medan yang sangatlah populer dengan rasa manis serta segarnya. Anda dapat juga jadikan sirup markisa jadi oleh-oleh lho.

6. Teri Medan


Teri Medan
image : vebma.com
Anda pasti sempat denger satu diantara type ikan mungil yang rasa-rasanya gurih-gurih asin, yup teri. Serta, satu diantara teri yang paling populer yaitu teri Medan. Makanan ini pas untuk kamu menjadikan oleh-oleh saat pergi ke Medan lho.

Teri medan ini ukurannya kecil serta berwarna putih. Pas banget deh dikonsumsi sama nasi panas, atau di buat jadi sambel teri. Hmmm, rasa-rasanya tentu enak banget tuch, buat tidak dapat berhenti sebelumnya terinya habis.

7. Teh Susu Telur


Teh Susu Telur
image : cafedzikr.blogspot.co.id
Meskipun artikel ini ngomongin makanan, tapi jika diselipin minuman juga tidak apa-apa dong. Satu diantara minuman yang jadi ciri khas di Medan yaitu teh susu telur atau disingkat jadi TST.

Teh susu telur ini terbuat dari susu kental manis, teh, serta sudah pasti telur. Buat minuman ciri khas yang satu ini cukup unik lho. Pertama susu kental manis dituang kedalam gelas, lebih gula, baru lalu kuning telur.

Semuanya bahan barusan diblender hingga membuat busa putih, baru lalu teh panas dituang kedalam gelas yang diisi kombinasi suus, telur, serta gula barusan.

8. Lemang


Lemang
image : nonikhairani.com
Sempat dengar nama makanan yang satu ini?

Lemang ini sesungguhnya makanan ciri khas Tebing Tinggi, jaraknya sekitaran 2 jam perjalanan dari Medan. Tapi, karena sangat enknya ini makanan, di Medan juga telah ada yang jual kok, jadi anda tidak butuh jauh-jauh ke Tebing Tinggi.

Lemang adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dibuat memakai bambu yang terlebih dulu telah dilapis dengan daun pisang. Beras ketan barusan juga ditambah dengan santan lho, jadi rasa-rasanya tentu gurih.

Lemang ini dibuat lewat cara yang unik, yakni dengan dibakar diatas bara api hingga masak.

Bila anda penasaran, cobain saja makanan ini, datang ke Jalan Bromo atau Jalan Gatot Subroto Medan.

9. Manisan Jambu


Manisan Jambu
image : acc-ukm.blogspot.co.id
Anda sempat makan manisan apa saja? Sempat cobain manisan jambu belum juga? Bila belum juga, anda dapat minta tolong teman anda yang dari medan buat bawain makanan yang satu ini nih.

Manisan jambu ini mempunyai rasa yang manis serta teksturnya renyah. Paling enak dikonsumsi cocok siang hari sembari minum es.

10. Kacang Sihobuk


Kacang Sihobuk
image : tobatabo.com
Umumnya, saat sekali lagi pada kumpul-kumpul, pasti enak bila ada camilannya. Nah, untuk kamu yang menyukai ngemil waktu kumpul-kumpul, cobalah deh baca oleh-oleh kacang Sihobuk ini saat berkunjung ke Medan. Satu diantara oleh-oleh dari Medan yang di buat dengan kacang kwalitas paling baik.

Kacang Sihobuk aslinya dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara. Rasa kacang ini ciri khas, ada manis-manisnya gitu, ditambah dengan gurih yang cocok. Langkah memasak kacang ini juga unik, yakni memakai pasir. Kacang Sihobuk mempunyai struktur yang renyah, jadi bila belum juga habis pasti ingin ngunyah selalu saja bawaannya.

11. Kopi Sidikalang


Kopi Sidikalang
image : pegipegi.com
Buat kamu penggemar kopi, cobalah deh berburu kopi saat berkunjung ke Kota Medan. Di Medan ada satu diantara kopi yang cukup populer, namanya kopi Sidikalang. Kopi ini datang dari daerah Sidikalang yang mempunyai ketinggian 1472 mtr. diatas permukaan laut.

Kopi yang dibuat dari daerah ini sudah pasti mempunyai kwalitas yang baik. Rasa yang dibuat juga kuat karna kandungan kafeinnya yang tinggi. Pas banget deh buat pencinta kopi yang menginginkan mencicipi kopi dari beragam daerah di Indonesia.

12. Durian Medan


Durian Medan
image : pegipegi.com

Anda pasti tahu buah berduri yang satu ini, durian. Buah dengan aroma menyengat yang juga akan memberi sensasi nikmat waktu menelannya.

Buah ini begitu istimewa lho, bahkan juga harga nya juga lebih mahal daripada buah yang lain. Nah, bila anda bertandang ke Medan, janganlah lupa mencicipi buah durian yang berada di kota itu.

13. Bolu Meranti


Bolu Meranti
image : bolumeranti.co.id
Makanan ciri khas beda yang dapat anda cobalah saat berkunjung ke Kota Medan yaitu bolu meranti.

“Halah, hanya bolu gitu, apa sich bedanya sama bolu yang lain? ”

Eiiits, janganlah salah kira dahulu ya, bolu meranti ini miliki rasa yang ciri khas. Meskipun memiliki bentuk serupa sama kue lapis dari Surabaya, tapi rasa dari bolu meranti ini berlainan.

Bolu dari Medan ini memiliki beragam jenis rasa yang dapat anda cobalah. Ada rasa kacang, keju, nanas, strobery, serta mocca. Bahkan juga, bila anda ingin makan bolu yang gurih, ada pula tuch bolu rasa abon serta ayam.

Bila anda bertandang ke Medan serta bingung ingin bawa oleh-oleh apa, cobalah saja bawa bolu meranti. Banyak kok wisatawan yang jadikan makanan ini jadi oleh-oleh. Anda dapat temukan bolu ini di daerah Jalan Kruing Medan atau Jalan Sisingamangaraja.

Nah, itu barusan sebagian makanan ciri khas yang dapat anda cicipi bila singgah ke Medan. Tapi janganlah cemas bila nyatanya masih tetap belum juga cukup juga mengasyikkan lidah anda. Masih tetap terdapat beberapa ada sekali lagi yang dapat anda cobalah kok. Selamat berwisata kuliner

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search