Thursday, November 9, 2017

Private Beach yang kian nge-hits di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai merupakan destinasi favorite bagi semua kalangan. Selain pesona keindahannya yang akan memanjakan mata, harga tiket masuknya pun relatif murah. Nggak heran, pantai menjadi ajang berburu foto selfie bagi kids jaman now yang pengen dianggap nge-hits di sosial media. Bicara soal pantai, sudah banyak daerah yang mengembangankan potensi alamnya menjadi destinasi wisata yang menjanjikan, khususnya pantai. Di kabupaten gunung kidul misalnya, begitu banyak pantai yang dulu belum pernah terjamah oleh manusia, kini disulap menjadi destinasi yang di gandrungi banyak orang. Nah ini dia beberapa pantai yang dulu pernah menjadi private beach camp tapi kini sudah mulai ramai oleh pengunjung.

1. Pantai Greweng
Pantai Greweng

Pantai yang terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul. Pantai yang berada tidak jauh dari pantai wediombo dan pantai sedahan ini memiliki pesona yang menajubkan. Pantai ini cocok banget buat kalian yang pengen nge-camp sama temen temen kalian. Malam kalian tidak akan begitu dingin karena ada dua karang besar yang akan menghalangi angin laut ke tenda kalian. Namun, pada siang hari akan terasa panas karena di pesisir pantai tidak begitu banyak pohon untuk berlindung dari terik matahari. Suasananya masih sepi karena memang untuk mencapai pantai ini tidak begitu mudah. Kalian harus menempuh tracking selama kurang lebih 15 menit dulu untuk menjamah pantai ini.
Dibalik keistimewaannya, pantai ini menyimpan cerita mistis. Seperti yang sudah ramai diperbincangkan, konon di pantai ini terdapat pasar gaib. Jadi para pengunjung di himbau untuk tidak mengambil apapun di sekitar pantai. Penulis juga mengalami ke-mistis-an pantai greweng juga loh. Dulu sekitar dua tahun yang lalu, penulis hendak nge-camp di pantai ini, tapi saya dan temen temen ber-delapan datengnya kesorean. Kita tracking setelah maghrib dan bisa kalian bayang kan betapa gelapnya! Nah setelah melewati sawah dan perkebunan warga, kita pun mendengar gonggongan anjing dari kejauhan. Sempat kita ragu untuk meneruskan perjalanan tapi kita coba beranikan diri. Benar saja dua anjing liar sudah menyambut kita. Kita pun mencari akal untuk menghindarinya dan bisa masuk ke bibir pantai. Dan berhasil, meskipun anjing itu mengawasi tenda kita dari seberang anak sungai yang berada tidak jauh dari tepi pantai.
Namun sekarang, pantai ini sudah ramai pengunjung dan sudah tidak bisa dikatakan private beach lagi untuk para traveller.

2. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput
Pantai Ngrumput ini terletak di wilayah yang sama dengan pantai Drini yaitu di desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini sebenarnya tidak terlalu privat. Karena pantai ini berdampingan dengan kosakora yang memancing daya tarik pengunjung. Letaknya pun tidak begitu jauh bahkan kita tidak perlu tracking untuk mencapainya. Namun untuk para traveller yang suka nge camp, pantai ini kurang recommanded. Karena pantai ini sangat ramai di siang hari, tentunya itu akan mengurangi pesona dari pantai ini. Pantai ini pun sudah diramaikan oleh warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman untuk para pengunjung beserta toiletnya jadi kamu ngga perlu bingung lagi.

3. Pantai Sanglen

Pantai Sanglen
Pantai ini merupakan pantai pertama yang pernah penulis kunjungi. Dulu pantai sanglen masih sangat sepi dan belum terjamah manusia. Pantai ini terletak di kebupaten kemadang, kecamatan tunjungsari, gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai yang dulu tidak terurus ini sekarang menjadi perhatian pemerintah karena mulai banyak orang yang menyadari keindahan pantai ini. Meskipun pengunjung harus berjalan cukup jauh dari tempat parkir, pantai ini menjadi alternatif destinasi bagi para pengunjung yang menghindari ramainya pantai drini dan pantai watukodok yang berada tidak jauh dari pantai sanglen.
Nah itulah beberapa pantai bisa jadi pertimbangan kalian untu ngecamp bareng temen-temen kalian. Semoga bermanfaat!!


Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search