Thursday, December 7, 2017

14 Makanan Khas Gorontalo Yang Wajib di Cobain

Gorontalo, satu kota yang mempunyai julukan “Kota Serambi Madinah” atau seringkali juga dimaksud Kota Hulontalo adalah Ibukota Propinsi Gorontalo yang letaknya ada di Pulau Sulawesi Utara.

Kota ini populer juga akan eksotisnya keindahan alam disana. Gorontalo memanglah populer, tetapi masih tetap tidak sering orang yang menyinggahinya, hingga keindahan alamnya masih tetap terbangun dengan alami. Kekayaan Gorontalo tidak cuma keindahan alam saja. Tetapi, dalam sisi kuliner, Gorontalo juga menaruh segudang makanan ciri khas yang lezatnya tidak kalah dengan kuliner di daerah beda.

Ingin tahu guys apa sajakah makanan ciri khas Gorontalo? Simak artikel ini sampa habis, awas jika ingin ngiler sedia tisu dahulu guys..!! hehe

1. Sashimi Tuna 


Sashimi Tuna
image : journal.momotrip.co.id
Sejatinya Sashimi yaitu makanan ciri khas Jepang, tapi bila anda sempat bertandang ke Gorontalo serta juga pernah mencicipi Sashimi di sana, anda tentu tahu ketidaksamaannya Sashimi Jepang dengan Sashimi Gorontalo.

Bila Sashimi Jepang, ada kecap shoyu, wasabi atau cabai bubuk, sedang Sashimi Gorontalo hanya dihidangkan dengan sambal dabu-dabu, tapi itu telah cukup memberi citarasa yang berlainan serta nikmat.

Bila anda pengemar makanan Sashimi, anda harus coba Sashimi Tuna ciri khas Gorontalo dengan sambal dabu-dabunya.

2. Lalampa


Lalampa
image : liburansari.com
Nah yang ini camilan sekali lagi guys, namanya Lalampa. Mungkin saja di daerah jawa lebih di kenal dengan nama lemper. Lalampa memanglah camilan ciri khas Gorontalo yang masih tetap semacam dengan lemper.

Bila lemper Jawa dibuat lewat cara dikukus, tetapi Lalampa ini dibuat lewat cara dibakar. Dan berisi juga berlainan, Lalampa diisi ikan cakalang. Sebelumnya dibakar, lalampa diolesi dulu dengan minyak sayur. Tersebut yang buat lalampa jadi istimewa, karna aromanya yang menembus sampai kedalam.

3. Binte Biluhuta


Binte Biluhuta
image : perutgendut.com
Gorontalo, populer jadi daerah penghasil jagung yang subur. Oleh orang-orang pribumi, hasil bumi itu digunakan untuk membuat kuliner ciri khas Gorontalo, yakni ‘Binte Biluhuta’. Nama Binte yang bermakna jagung, sedang biluhuta yakni disiram. Jadi disimpulkan dengan bhs adalah jagung yang disiram.

Binte Biluhuta ini paling enak disantap saat panas. Racikannya sendiri terbagi dalam jagung putih ketan, digabung dengan parutan kelapa, udang serta suwiran ikan cakalang, lalu disiram dengan kuah berbumbu rempah-rempah ciri khas Gorontolo.

Lebih nikmat serta lengkap sekali lagi ditambah dengan irisan daun bawang, tomat, kemangi, serta cabai. Untuk mengharumkan cita rasa serta mengangkat kelezatannya, perl ditambahkan perasan jeruk lemon suwanggi.

Bila lihat Binte Biluhuta jadi anda juga akan terbayang dengan bubur Manado, karna memanglah ke-2 kuliner ciri khas dari daerah yang berlainan ini mempunyai persamaan. Persamaan diliat dari keduanya sama makanan berkuah serta ada suwiran ikan cakalang dan sayuran jadi pelengkapnya.

Nah ada pula ketidaksamaannya, yakni bila Binte Biluhuta terbuat berbahan basic jagung serta parutan kelapa, sedang bubur Manado terbuat berbahan basic beras serta singkong.

4. Sate Tuna Gorontalo


Sate Tuna Gorontalo
image : rm-nusantara.blogspot.com
Sate adalah kuliner ciri khas bangsa yang telah go International. Di Indonesia, sate di kenal datang dari Madura. Tetapi banyak daerah juga mempunyai kuliner ciri khas sate, cuma saja pemakaian bahan basic serta racikan bumbunya yang mencirikan ketidaksamaan khasnya.

Mungkin saja yang telah beberapa orang tahu itu sate Madura serta sate Padang. Tidak cuma itu guys, Gorontalo juga mempunyai kuliner ciri khas sate sendiri, yakni ‘Sate Tuna’. Nah ini sebagai satu diantara sumber daya alam lokal yang digunakan orang-orang pribumi, terkecuali jagung barusan.

Tidak seperti restoran seafood umumnya, yang cuma menghidangkan ikan tuna goreng maupun dibakar berbentuk utuh. Di Gorontalo ini ikan tuna dipotong berbentuk dadu dan ditusuk seperti sate.

Tidak cuma dioleh jadi sate, masih tetap ada olahan tuna yang lain, seperti sashimi tuna, tuna bumbu woku, dada tuna bakar, sup ikan tuna yang fresh serta nikmat.

5. Tili Aya


Tili Aya
image : degorontalo.co
Tili Aya adalah kuliner ciri khas Gorontalo yang dihidangkan begitu simpel. Umumnya Tili Aya dihidangkan jadi lauk atau pelengkap nasi serta makanan berat yang lain di tiap-tiap acara-acara kebiasaan.

Tili Aya terbuat bahan basic gula merah, digabung dengan sebagian butir telur, lantas ditambahkan santan kelapa. Sesudah semuanya tercampur, adonan itu dikukus sampai masak. Pembuatan Tili Aya ini memanglah termasuk gampang.

6. Ayam Iloni


Ayam Iloni
image : nisachasabrina.wordpress.com
Apa sich ayam iloni itu? ayam yang menyedihkan? | Itu mah ironi guys..!! haha..

Anda tentu tahu ayam bakar kan? Nah, ayam bakar adalah kuliner yang begitu gampang sekali didapati di beberapa daerah di Bumi Pertiwi ini. Tapi guys, bila yang namanya Ayam Iloni tuch hanya berada di Gorontalo.

Dengan terlihat rupanya memanglah sama dengan ayam bakar atau ayam panggang yang lain. Tetapi, sebagai ketidaksamaan itu adalah bumbunya. Racikan bumbu yang dipakai jadi penyedap rasa Ayam Iloni ini memakai rempah-rempah jahe, kemiri, kunyit, bawang merah serta putih, dan sebagian rempah ciri khas Indonesia yang lain.

Dari kombinasi rempah-rempah itu hasilkan racikan bumbu yang nikmat. Dan ditambah dengan santan yang buat cita rasa Ayam Iloni makin prima. Terwujudlah cita rasa pedas dan gurih yang begitu ciri khas.

7. Es Brenebon


Es Brenebon
image : limakaki.com
Waktu siang bolong, dengan teriknya matahari yang panas, paling nikmat bersantai dengan ditemani minuman fresh. Nah jika anda bertandang ke Gorontalo, waktu siang bolong paling nikmat memakan kesegaran ‘Es Brenebon’ minuman ciri khas Gorontalo.

Brenebon adalah sebutan oleh orang-orang Gorontalo, lebih di kenal luasnya yakni es kacang merah. Es Brenebon ini memanglah paling nikmat disantap siang hari, untuk temani saat enjoy anda. Tidak cuma cita rasa yang nikmat, minuman es ini mempunyai faedah yang menyehatkan.

Bahan paling utama kuliner minuman ini memakai kacang tanah yang berwarna merah. Waktu memakannya, juga akan merasa cita rasa yang manis serta fresh di lidah.

Memakai kacang tanah merah ini terkecuali mempunyai tujuan untuk memberi rasa manis, sebagai penghias hidangannya supaya lebih menarik waktu dituang dengan es serut. Bahan penambahan yang lain yakni seperti sirup serta susu kental yang menaikkan kesenangan minuman es kacang merah ini.

Bila disinggung tentang kesehatan, Es Brenebon ini memanglah mempunyai manfaat baik yang terdapat pada kacang merah. Kacang merah itu memiliki kandungan vitamin B, fosfor, kalsium, protein serta zat besi.

Bila diliat kandungannya itu, jadi kacang merah ini mempunyai manfaat untuk menghindar cholesterol, menghindar resiko diabetes serta menolong sistem pembekuan darah. Tidak cuma dahaga yang juga akan lepas, keadaan badan anda juga juga akan tetaplah terbangun.

8. Ilabulo


Ilabulo
image : travel.tribunnews.com
Mungkin saja untuk mereka yang bukanlah orang Gorontalo bila lihat makanan ini pastinya akan menduga pepes. Illabuo memanglah terlihat sepintas seperti pepes. Tapi guys, cobalah dahulu cicipi cita rasa-rasanya. Bila dirasa jadi juga akan merasa begitu berlainan sekali dengan pepes.

Illabuo adalah makanan ciri khas Gorontalo yang terbuat dari sagu serta ati ayam. Dalam pemrosesannya dibuat memakai santan. Umumnya Illabuo dihidangkan oleh orang-orang Gorontalo jadi sajian makan siang.

Bila bertandang ke Gorontalo janganlah lupa ya guys mencicipi Illabuo ini..!!

9. Kue Karawo


Kue Karawo
image : lihatresep.com
Nah setelah itu mengulas oleh-oleh ciri khas Gorontalo. Oleh-oleh ciri khas Gorontalo yang satu ini bernama ‘Kue Karawo’, adalah kue yang penyajiannya dihias seperti motif Kain Karawo. Kue karawo terbuat dari kombinasi tepung terigu, telur, mentega, susu, gula, maizena, serta vanili.

Sesudah semuanya bahan itu dibuat, lantas jadi adonan yang siap untuk diciptakan. Adonan kue karo diciptakan sesuaikan selera, tetapi umumnya adonan dibuat hati atau bulat. Sesudah adonan sudah diciptakan semuanya, lanjut pada sistem panggang pada oven. Sesudah dipanggang, lantas sisi atas kue dihias dengan cream.

10. Kue Sabongi


Kue Sabongi
image : merdeka.com
Masih tetap mengulas mengenai kue, tetapi yang ini adalah makanan ringan ciri khas Gorontalo yang tertua, yakni ‘Kue Sabongi’. Kenapa tertua? Kue ini telah tidak asing sekali lagi untuk orang-orang pribumi Gorontalo, karna kue sabongi adalah warisan leluhur nenek moyang orang-orang Gorontalo mulai sejak jaman dulu.

Mulai sejak dulu masa kerajaan-kerajaan Gorontalo sampai saat ini, kue tradisionil ini tetap masih terbangun eksistensinya. Jadi kue tradisionil tertua, Sabongi mempunyai cita rasa yang begitu ciri khas.

Meskipun kue ini terbuat cuma memiliki bahan basic pisang serta singkong, tetapi kenikmatannya tidak terkalahkan dengan makanan ringan masa saat ini. Terlebih kue ini begitu favorite sekali untuk orang-orang Gorontalo, jadi tidak akan mungkin saja terkalahkan kenikmatannya dengan kue yang lain.

Di Gorontalo benar-benar sangat tidak sering toko yang jual kue ini, tetapi karna gampang membuatnya, nyaris semuanya orang-orang Gorontalo bisa buat kue ini. Jadi waktu anda kesana serta menginginkan mencicipi kue sabongi ini, singgah saja ke tempat tinggal warga serta memohon tolong untuk membikinkan.

11. Bilenthango


Bilenthango
image : makananoleholeh.com
Kembali sekali lagi mengulas mengenai kuliner dari olahan ikan, bila terlebih dulu mengulas ikan tuna, tetapi yang ini berlainan. Bilenthango, makanan ciri khas Gorontalo yang terbuat dari olahan ikan mujair. Olahan ikan mujair ini tidak kalah nikmat dengan ikan tuna.

Sistem pemrosesannya, ikan mujair dibuat dengan 1/2 digoreng dan dipanggang, langkah memasaknya ini memanglah termasuk unik. Nah, dari kekhasan berikut membuat cita rasa yang menggoyang lidah.

12. Sayur Putungo


Sayur Putungo
image : ksmtour.com
Lanjut ke masakan ciri khas Gorontalo, mungkin saja namanya terdengar asing. Sayur Putungo, masakan ciri khas Gorontalo yang terbuat berbahan basic memakai jantung pisang. Sayur putungo ini termasuk juga masakan tradisionil, sama dengan kue sabongi.

Mungkin saja di banyak daerah beda juga mempunyai kuliner dari olahan jantung pisang, cuma saja setiap daerah mempunyai langkah pemrosesan serta racikan rempah-rempah yang berlainan.

Di Pulau Jawa masakan dari olahan jantung pisang ini di kenal dengan nama Ontong. Sayur Putungo dibuat dengan bermacam langkah, sesuaikan menu yang disandingkan dengan Putungo. Pemrosesan umumnya di buat tumis, santan, atau cuma lalapan umum.

Paling matching guys, sayur putungo disantap dengan milu rebus atau milu bakar. Dapat pula putungo jadikan lalap mentah, lalu iris kecil serta digabung sambal, lantas disantap deh dengan jagung.

13. Duduli


Duduli
image : sumber.com
Duduli namanya sedikit familiar. Yap! Datang dari nama oleh-oleh ciri khas Garut, yakni Dodol. Duduli sendiri memanglah dodol ciri khas Gorontalo. Duduli juga termasuk juga makanan tradisionil, dalam membuatnya juga masih tetap memakai langkah tradisionil.

Dodol ciri khas Gorontalo atau yang lebih di kenal Duduli ini di buat dengan bahan basic memakai gula merah, santan, serta ketan. Bila dodol Garut dibungkus kecil-kecil memakai plastik. Dodol ciri khas Gorontalo ini berlainan, dibungkus memakai daun woka.

14. Keripik Kasubi Pahangga


Keripik Kasubi Pahangga
image : deweezz.com
Hm.. Barusan minuman telah, makanan serta masakan telah, oleh-oleh juga telah. Nah yang ini lebih berlainan sedikit guys, masih tetap termasuk juga makanan juga sich. Tetapi yang ini termasuk juga camilan, namanya Keripik Kasubi Pahangga. Wow! Kaya nama orang ya..

Untuk kamu yang fanatik dengan makanan ringan keripik, janganlah lupa sama Keripik Kasubi Pahangga ya guys bila bertandang ke Gorontalo. Pahangga itu adalah bhs Gorontalo yang mempunyai makna gula merah.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search