Benarkah, Mendengarkan Musik Sambil Belajar Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak ?

Benarkah, Mendengarkan Musik Sambil Belajar Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak ?

Dilansir dari University Health News, saraf-saraf otak menjadi lebih aktif saat Anda mendengarkan musik. Pasalnya, sinyal listrik tersebut secara bersamaan dapat merangsang hubungan antara kedua sisi otak (kiri dan kanan) dan mengaktifkan area otak yang terkait dengan proses emosional, kognitif, dan memori. Singkatnya, mendengarkan musik sambil belajar bisa memperbaiki suasana hati dan terkait dengan peningkatan kemampuan fungsi kognitif otak, terutama daya ingat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang diminta belajar sambil mendengarkan musik menunjukkan performa akademis yang lebih unggul daripada kelompok siswa yang diminta belajar di ruangan bising. Walaupun dua kondisi ini suasananya sama-sama berisik, namun belajar sambil mendengarkan musik terbukti membuat otak lebih fokus kepada satu tugas sembari memblokir suara berisik dari sekitar yang sama sekali tidak berhubungan dengan Anda maupun pekerjaaan Anda.

Musik klasik ala Mozart digadang sebagai genre musik yang paling ampuh untuk meningkatkan kecerdasan otak. Nyatanya tidak selalu demikian, lho! Belum ada penelitian yang benar-benar membuktikannya secara pasti. Teori yang sudah terbukti hanya sebatas pada alunan suara musik yang lebih stabil dengan volume yang tidak terlalu keras, terlepas dari apapun genrenya.

Foto: aasanrasta.com

Related Post