Minuman Bersoda Bisa Bikin Kamu Cepat TUA !

Minuman Bersoda Bisa Bikin Kamu Cepat TUA !

Hasil penelitian dari University of California-San Francisco (UCSF) menyebutkan bahwa mengonsumsi minuman manis bersoda mampu mempercepat penuaan sel kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit kronis.

Berdasarkan pernyataan Hello Sehat yang diterima CNNIndonesia.com, Elissa Epel, salah satu peneliti, mengungkapkan bahwa mengonsumsi minuman manis bersoda secara rutin dapat memengaruhi perkembangan penyakit, menyebabkan kontrol metabolik gula dalam tubuh berkurang, serta mempercepat penuaan sel jaringan tubuh.
Penuaan dini karena mengonsumsi minuman bersoda secara rutin dapat diketahui melalui panjang Telomer.

Panjang Telomer menandai penuaan sel serta menentukan usia biologis sel. Telomer merupakan urutan DNA berulang yang menutupi ujung kromosom agar tidak menjuntai.

Telomer sendiri berfungsi untuk melindungi DNA dari kerusakan. Telomer akan memendek setiap kali membelah. Namun, jika Telomer terlalu pendek sel bisa berhenti membelah dan mati.

Telomer yang pendek juga dikaitkan dengan kerusakan jaringan, pembengkakan, dan resistensi insulin yang disertai dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner dan diabetes yang berhubungan dengan penuaan.

Penelitian yang dilaksanakan UCSF tersebut melibatkan 5.309 partisipan dalam rentang usia 20-65 tahun. Penelitian tersebut menghitung jumlah konsumsi minuman soda sebanyak 600 ml setiap hari berhubungan dengan penambahan usia biologis sekitar 4,6 tahun.

Peneliti membandingkan panjang telomer, yang dilihat dari sampel darah, dengan konsumsi minuman bersoda pada setiap partisipan.

Foto: shutterstock.com

Related Post