Mitos "Moshi-Moshi" yang Menyeramkan di Jepang

Mitos "Moshi-Moshi" yang Menyeramkan di Jepang

Pernah enggak kamu mendengar orang jepang mengangkat telepon? Dan meraka mengucapkan moshi moshi , sapaan halo kalau di kita. Dan kenapa ya harus dua kali pengucapannya, nggak moshi aja gitu? ternyata di balik kata sapaan moshi moshi itu ada mitos yang populer banget lho.

Kalau kita biasanya mengangkat telepon cukup bilang "halo", sekali aja nggak usah "halo-halo", kecuali saat suasanannya berisik atau sinyalnya pas lagi nggak beres. Nah kalau di Jepang sendiri, dalam keadaan apapun orang harus selalu bilang moshi-moshi begitu mengangkat telepon.

Bukanya tanpa alasan, karena mitosnya mengucapkan moshi-moshi adalah cara untuk membuktikan bahwa lawan bicara di telepon itu manusia beneran, bukan hantu. Konon, diceritakan bahwa di Jepang dulu ada hantu siluman atau manusia jadi-jadian yang disebut youkai.

Nah, youkai ini merupakan hantu yang suka memangsa manusia, ada yang makan tubuh manusia, ada juga yang makan jiwa manusia. Biasanya, youkai menggunakan tipu muslihat untuk menjebak manusia agar dapat masuk perangkapnya.

Salah satu caranya adalah dengan menyapa calon korbannya dengan ucapan moshi. Kalau orang yang disapa youkai tersebut membalasnya, youkai akan langsung mengambil jiwa dan memakan tubuh orang tersebut.

Ngeri! Oleh karena itu, orang Jepang pun jadi tidak berani lagi menyapa orang dengan moshi saja. Mereka kemudian menyiasatinya dengan mengulang kata moshi menjadi moshi moshi agar aman. Karena konon, youkai tidak bisa mengucapkan satu kata yang sama secara berurutan.

Foto: yukepo.com

Related Post