Ini Rasanya Liburan Naik Cruise
Cari Berita

Advertisement

Ini Rasanya Liburan Naik Cruise

Deketin Com
Sunday, January 27, 2019

Liburan dengan cruise bisa menjadi pilihan. Kamu bisa nikmati beragam fasilitas bintang 5 dengan berlayar ke destinasi wisata sepuasnya. Seperti apa rasanya?

Ini Rasanya Liburan Naik Cruise
Deck kolam renang dan layar lebar di Sapphire Princess (Syanti/detikTravel)

Liburan dengan cruise ternyata menyenangkan. Beragam fasilitas mewah dan beragam makanan bisa kita nikmati sepuasnya tanpa mengeluarkan uang lagi. Kita juga bisa berkunjung ke beberapa negara tanpa harus check in dan melapor ke imigrasi lagi. Semuanya terasa mudah.

detikTravel berkesempatan merasakan berlayar dengan Princess Cruise pada tanggal 19-23 Januari 2019. Kami pun berlayar dengan Sapphire Princess, salah satu cruise yang dimiliki Princess Cruise dengan rute Singapura-Penang-Phuket- Singapura.

Untuk bisa naik cruise traveler mesti terbang dulu ke Singapura. Setelah itu menuju ke Pelabuhan Marina dan check in untuk memasuki cruise. Prosesnya tak beda jauh dengan check in pesawat.

Ini Rasanya Liburan Naik Cruise
(Syanti/detikTravel)
Pada saat check in, konternya akan menanyakan apakah ingin menggunakan kartu kredit atau cash. Tujuan dari pertanyaan ini adalah mempermudah traveler untuk melakukan transaksi saat berada di kapal. Jika selama berlayar traveler melakukan pembayaran, cukup dengan menggesekan kartu cruise dan tagihannya langsung ke kartu kredit.

Namun traveler yang tidak punya kartu kredit juga tidak masalah karena mereka juga menerima pembayaran dengan cash. Selama berlayar segala transaksi dilakukan dengan mata uang USD.

Setelah check ini, nantinya traveler akan mendapatkan kartu cruise dan nomor kamar. Kartu ini juga berfungsi sebagai kunci kamar, identitas dan alat pembayaran. Jadi kemanapun traveler pergi, harus membawa kartu ini.

Ini Rasanya Liburan Naik Cruise
Plaza tempat bersantai dan berbelanja (Syanti/detikTravel)
Sebelum berlayar, para penumpang nantinya akan mengikuti simulasi evakuasi bencana. Kamipun dikumpulkan di beberapa titik kumpul dengan iringan sirine darurat. Saat berada di titik kumpul kami pun diajarkan cara menyelamatkan diri saat terjadi bencana di kapal.

Apa yang traveler bayangkan saat memikirkan kamar di kapal cruise? Mewah dengan kasurnya yang empuk? Brtul sekali, bayangan traveler tidak meleset. Akomodasi di kapal persiar seperti hotel bintang 5. Di dalamnya lengkap, kasur, tv, meja dan kursi, kulkas mini dan pemanas air. Juga ada lemari pakaian lengkap dengan gantungannya.

Begitu juga dengan kamar mandinya, walau tidak berukuran besar namun di sini ada pengatur air panasnya. Sedangkan luas kamar tergantung dari kelas kamar yang traveler pilih. detikTravel kemarin mendapatkan kamar yang standar dengan balcon privat. Ya, jendela kamarnya menghadap ke lautan.

Ini Rasanya Liburan Naik Cruise
Salah satu kolam renang di cruise (Syanti/detikTravel)
Tur ini sangat singkat dan detikTravel tidak menyarankan bagi traveler yang suka menjelajah lebih. Tur ini cocok sekali untuk yang telah lanjut usia, karena memang saat mengikuti tur, detikTravel bersama puluhan traveler lansia (berumur rata-rata 50 tahun ke atas)

Jika ingin berkeliling saat berlabuh alangkah baiknya melakukannya sendiri. Traveler bisa menyewa motor atau mobil, namun harus kembali sebelum jam 10 ke kapal. Karena kapal yang berlayar tepat jam 10 malam.

Begitu juga saat sampai di Phuket, detikTravel mengikuti tur dan tidak dapat menjelajahi lebih. Saat di Phuket detikTravel singgah di Gems Gallery Phuket, makan siang di salah satu mall di Phuket, menikmati pertunjukan tari Thailand di Thai Cultural Villages (gedung pertunjukan), ke Promthep Cape, dan Wat Chalong. Di setiap destinasi hanya singgah sekitar 40 menit saja.

Di saat malam terakhir, detikTravel malan malam di restoran kapal yaitu Sabatinis's dan menikmati pertunjukan opera di Princess Theater. Gedung pertunjukan itu pun terisi penuh, bahkan ada pengunjung yang berdiri demi menikmati pertunjukan opera ini.

Sebelum pulang, traveler jangan lewatkan momen sunrise yang menawan ya. Selama berlayar sempatkan berburu sunset dan surise dari atas kapal. Sensasinya lain lho menikti sunset dan sunrise dari lautan.

Terakhir, di saat meninggalkan kapal, para penumpang pun dibagi dalam beberapa kelompok sehingga antrian panjang saat check out pun bisa dihindari.

(sym/aff)(sumber : travel.detik.com)