Sering Olahraga Ternyata Tidak Baik, Ini Faktanya

Kerap olahraga namun malah kamu merasa tidak bugar serta seringkali sakit? Jangan-jangan kamu malah terlalu berlebih mengerjakannya. Olahraga teratur memang penting untuk kesehatan badan, tetapi bila dikerjakan kebanyakan, ini tidak baik buat kesehatan, lho.

Sering Olahraga Ternyata Tidak Baik, Ini Faktanya
Olahraga : pexels.com
Olahraga teratur bisa memberi banyak faedah buat kesehatan, diantaranya jaga berat tubuh, tingkatkan stamina serta kesehatan badan, dan menahan penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, serta diabetes. Diluar itu, olahraga dapat kurangi depresi serta melakukan perbaikan mood.

Walau demikian, butuh diingat jika olahraga sering atau begitu keras malah bisa mengganggu kesehatan. Akhirnya bukanlah makin bertambah sehat, tetapi justru jadi sakit.

Kapan Olahraga Disebutkan Terlalu berlebih? 

Selama ini memang belumlah ada persyaratan yang pasti untuk mendeskripsikan sebegitu seringkali atau sebegitu berat kegiatan olahraga dikatakan sebagai olahraga yang terlalu berlebih. Tetapi orang yang mempunyai rutinitas olahraga sering atau terlalu berlebih umumnya akan alami banyak hal tersebut:
  • Jantung berdetak kencang walau tidak olahraga. 
  • Seringkali merasakan capek, sampai mengganggu pekerjaan serta kegiatan seharian. 
  • Susah berkonsentrasi. 
  • Situasi hati atau mood yang gampang beralih. 
  • Seringkali alami luka. 
  • Masalah menstruasi. 
  • Seringkali merasakan tidak enak tubuh. 
  • Berat tubuh turun mencolok. 
Apa kamu alami satu diantara atau beberapa sinyal di atas? Mungkin ini waktunya kamu kurangi frekwensi latihan fisik atau olahragamu untuk menghindarkan efek penyakit.

Efek Penyakit Karena Olahraga Terlalu berlebih 

Sesudah olahraga, badan yang kecapekan perlu dipulihkan dengan istirahat serta konsumsi makanan memiliki nutrisi. Bila tidak, badan lebih beresiko alami beberapa masalah kesehatan, misalnya:
  • Tubuh berasa ngilu atau pegal karena peradangan di otot serta sendi. 
  • Radang tendon atau tendinitis. 
  • Dehidrasi. 
  • Masalah elektrolit. 
  • Masalah tidur. 
  • Menyusutnya nafsu makan. 
  • Melemahnya ketahanan badan, hingga seringkali flu. 
  • Masalah jantung, seperti aritmia. 
Tidak hanya memunculkan efek jelek buat kesehatan fisik, sering olahraga dapat juga mengakibatkan satu orang jadi ketagihan olahraga. Ini bisa disaksikan dari tingkah laku yang mulai memaksa untuk terus olahraga walau keadaan fisik tidak sedang fit, merasakan harus olahraga tiap hari, atau merasakan depresi bila tidak olahraga.

Yang Harus Dikerjakan waktu Olahraga Telah Terlalu berlebih 

Bila rasakan pertanda jika kamu telah olahraga terlalu berlebih, ambil interval sesaat supaya olahraga tidak membuat kesehatanmu terusik. Banyak hal berikut ini dapat jadi tips:

1. Berhenti olahraga sesaat

Berhenti olahraga paling tidak 1-2 minggu bisa membuat tubuhmu jadi lebih bugar serta siap untuk kembali olahraga.

2. Cukupi mengonsumsi makanan sehat serta air minum 

Makanlah air mineral yang cukup serta makanan yang tinggi nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, serta protein tanpa ada lemak. Diluar itu, jauhi konsumsi makanan yang kurang sehat, seperti makanan cepat saji.

3. Kurangi frekwensi olahraga 

Coba kurangi frekwensi olahragamu jadi 2-3 kali satu minggu. Hal yang butuh diingat ialah menghindarkan olahraga waktu udara atau cuaca benar-benar panas, untuk menahan berlangsungnya dehidrasi serta heat stroke.

4. Cukupi waktu istirahat 

Yakinkan kamu beristirahat dengan cukup sesudah olahraga. Beri interval waktu minimum 6 jam sebelum lakukan olahraga . Bila kamu olahraga tiap minggu, rencanakan 1 hari untuk beristirahat tanpa ada olahraga supaya badan bisa kembali sembuh serta tambah energi.

5. Ubah type olahraga 

Bila kamu telah jemu dengan berolahraga yang teratur kamu lalui, coba kerjakan olahraga lain, seperti yoga, untuk memulihkan keadaan fisik, pemikiran, serta daya badan. Selain itu, lakukan olahraga beregu atau bersama dengan rekan bisa jadi satu diantara jalan keluar untuk kembali nikmati olahraga.

Nah, bila kamu telah lakukan beberapa hal di atas tetapi masih merasakan tidak bugar, semestinya kamu memperiksakan-diri ke dokter. Dokter bisa lakukan kontrol serta memberi perlakuan bila rutinitas olahraga yang sering telah mengganggu kesehatanmu.

Sebab kurang olahraga tidak sehat serta olahraga sering pun tidak baik, yuk, tentukan intensif serta frekwensi olahraga seperlunya, sesuai dengan kondisimu!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sering Olahraga Ternyata Tidak Baik, Ini Faktanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel