Virus Corona Bisa Dilawan dengan Antibiotik, Mitos atau Kenyataan?

Beberapa orang bertanya-tanya tentang penyembuhan COVID-19 yang saat ini telah sah mendunia. Serta, berdesir info jika antibiotik dapat menyembuhkan virus Corona. Bagaimana kebenarannya? 

COVID-19 ialah infeksi aliran pernafasan yang dikarenakan oleh virus Corona atau yang memiliki nama resmi SARS-CoV-2. Penyebaran virus biasanya berlangsung lewat percikan air liur pasien waktu batuk, bersin, atau bicara.

Virus Corona Bisa Dilawan dengan Antibiotik, Mitos atau Kenyataan?


Selain itu, antibiotik ialah obat untuk menangani infeksi yang dikarenakan oleh bakteri. Obat ini berperan untuk membunuh atau menghalangi perkembangan bakteri di pada tubuh. 

Dapatkah Virus Corona Dilawan dengan Antibiotik? 
Virus serta bakteri ialah dua mikroorganisme yang benar-benar tidak sama, dari mulai susunan sampai langkah bertumbuh biaknya. Antibiotik kerja dengan menyerang struktur-struktur khusus pada bakteri yang membuat tidak dapat bertumbuh biak atau bertahan hidup. 

Susunan yang ditarget antibiotik ini tidak didapat pada virus. Oleh karenanya, COVID-19 jelas tidak dapat dihindari ditambah lagi diobati oleh antibiotik. Jadi, konsumsi antibiotik tidak bermanfaat untuk mendesak penebaran virus Corona. 

Konsumsi antibiotik saat sebetulnya tidak diperlukan, contohnya pada infeksi virus, malah bisa mengakibatkan bakteri jadi kebal pada antibiotik. Ini pasti bikin rugi bila satu waktu infeksi bakteri berlangsung serta tidak ada antibiotik yang ampuh untuk mengatasinya. 

Pemberian antibiotik pada pasien yang positif terkena virus Corona sebetulnya mungkin dikerjakan, tetapi cuma bila dokter memandang pasien beresiko terkena bakteri atau bila pasien memang diketahui sudah alami infeksi penambahan oleh bakteri. 

Lalu, Obat Apa yang Dapat Menantang Virus Corona? 
Sampai saat ini, belumlah ada vaksin atau obat yang dapat dibuktikan ampuh menantang infeksi virus Corona. Walau bagaimanapun, beberapa periset sedang berupaya meningkatkan vaksin atau obat untuk menahan serta menyembuhkan COVID-19. 

Hal yang penting diaplikasikan sekarang ialah aksi penjagaan supaya virus tidak menebar serta efek berlangsungnya infeksi menyusut. Triknya dengan membersihkan tangan dengan teratur dengan air bersih serta sabun, jaga jarak minimal 1 mtr. dari orang yang sedang sakit, serta jaga ketahanan badan masih sempurna. 

Bila sedang sakit batuk atau pilek, kamu disarankan untuk kenakan masker serta menghindarkan melancong untuk sesaat. Kontrol diri kamu ke dokter untuk memperoleh obat yang dapat menurunkan tanda-tanda. Jika sakit tidak lebih baik sampai lebih dari satu minggu, tanyakan ke dokter untuk memperoleh perlakuan selanjutnya. 

Ingat, jangan memakai antibiotik dengan cara asal-asalan tanpa ada saran dokter. Jika dokter memberi resep antibiotik, pakai sesuai dengan dosis serta periode waktu yang dipastikan oleh dokter. Jangan berhenti memakai antibiotik sebelum saatnya walau tanda-tanda telah lebih baik.

Berlangganan via Email